Bawaslu Tanjabtim Ajak OKP dan Ormas Aktif Awasi Pemilu



Senin, 11 Desember 2023 | 19:00:26 WIB



Rapat Koordinasi
Rapat Koordinasi Beni Murdani/eNewsTimE.id

Advertisement


Advertisement

MUARASABAK, eNewsTime.id - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) menggelar Rapat Koordinasi Penguatan Mitra Pengawas Pemilu Berbasis Organisasi dan Masyarakat Pada Pemilihan Umum 2024, di Hotel Ratu, Muasabak Barat, Senin (11/12/2023).

Hadir dalam acara tersebut sejumlah pengurus Organisasi Kepemudaan (OKP) dan Organisasi Masyarakat (Ormas) di Kabupaten Tanjabtim, diantaranya Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Nahdlatul Ulama (NU), Muhamadiyah, dan Pemuda Gereja.

Ketua Bawaslu Kabupaten Tanjabtim, Tarmuzi berharap kepada pengurus dan kader OKP dan Ormas berperan aktif dalam mengawasi proses demokrasi dan membekali diri dengan pengetahuan terhadap kepemiluan. "Kami sangat berharap kepada Organisasi Kepemudaan dan Organisasi Masyarakat ini lebih berperan aktif dalam mengawasi Pemilu, Bawaslu saja tidak cukup untuk mengawasi seluruhnya," ungkap Tarmuzi.

Tarmuzi menyebutkan, peran OKP dan Ormas ini sangat penting dalam menjaga demokrasi. "Mari kita bersama-sama tumbuhkan rasa memiliki tanggung jawab untuk ikut serta dalam pengawasan Pemilu, keberagaman dalam masyarakat harus tercermin dalam proses demokrasi yang bersih dan adil," sebutnya.

Para peserta Rakor diberikan pemahaman tentang pentingnya Pengawasan partisipatif dalam penyelenggaraan Pemilu. "Masyarakat perlu ikut serta dalam mengawasi partisipatif untuk meningkatkan fungsi pencegahan dan pengawasan yang dilakukan oleh Bawaslu, keterlibatan tersebut sangat diperlukan sebagai langkah yang tepat untuk mewujudkan Negara yang demokratis," jelasnya.


Penulis: Beni Murdani
Editor: Beni Murdani
Sumber: eNewsTime.id

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement