Kesbangpol Tanjabtim Adakan Dialog Pembauran Kebangsaan



Rabu, 27 September 2023 | 17:03:41 WIB



Kegiatan Dialog Pembauran Kebangsaan
Kegiatan Dialog Pembauran Kebangsaan

Advertisement


Advertisement

eNewsTime.id, Tanjab Timur - Badan Kesatuan Bangsa dan politik ( Kesbangpol ) Kabupaten Tanjab Timur, Jambi menggadakan Dialog Pembauran Kebangsaan di Desa Sungai Tawar, Kecamatan Mendahara, Rabu ( 27/9/23). 

Kegiatan yang berlangsung di Pertemuan Dusun IV di Desa Sungai Tawar itu dihadiri Dandim 0419 Tanjab, Kapolres Tanjab Timur dan para Undangan lainnya. 

Sambutan Bupati Tanjab Timur H. Romi Hariyanto, S.E yang dibacakan oleh Sekretaris Kesbangpol Baharuddin menyampaikan bahwa Forum Pembauran Kebangsaan ( FPK ) ini dibentuk berdasarkan Permendagri No.34 Tahun 2006, yakitu tentang pedoman penyelenggaraan pembauran kebangsaan di Daerah. 

" Forum Pembauran Kebangsaan di Tanjab Timur ini dibentuk berdasarkan Perbup no 47 Tahun 2008 ," Paparnya.

Dikatakan Romi, Dimana dibentuknya FPK ini, ialah suatu wadah yang dapat menghimpun keberagaman, baik Agama, Etnis, Suku dan Budaya dengan harapan Forum ini mampu memberikan manfaat dan dampak yang baik di tengah - tengah Masyarakat yang majemuk dan heterogen. 

" Perlu kita ketahui, bahwa akhir - akhir ini kualitas persatuan dan kesatuan bangsa mulai menurun. Hal itu bisa kita rasakan dan saksikan di Media masa, elektronik maupun di Media Sosial, diberbagai Daerah sering terjadinya keributan yang disebabkan oleh perbedaan Suku, Golongan, RAS, dan Agama yang dapat mengancam persatuan dan kesatuan bangsa kearah perpecahan. Mudah - mudahan hal itu tidak terjadi di Daerah yang kita Cintai ini ( Tanjab Timur, red ) ," Ungkapnya.

Terselenggaranya kegiatan Forum Pembauran Kebangsaan di Bumi Sepucuk Nipah Serumpun Nibung ini, tentunya dapat terciptanya kerukunan dan meningkatnya rasa solidaritas antar sesama dengan kesadaran berbangsa dan bernegara yang berlandaskan Nilai Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tungkal Ika dan Negara kesatuan Republik Indonesia.

" Dalam Mewujudkan Visi dan Misi " Merakyat" Kabupaten Tanjab Timur, Marilah kita semua senantiasa menjaga kerukunan Beragama, Antar Etnis, Suku dan Budaya demi terciptanya suasana yang kondusif serta selalu berperan aktif dalam setiap pembangunan yang dilaksanakan," Harapnya. 

Harapkan kita kedepan tentunya, FPK ini dapat menjadi mitra Pemerintah dalam pembinaan dan melaksanakan kegiatan pembauran untuk lebih menumbuhkan dan meningkatkan rasa solidaritas dan toleransi di kalangan Masyarakat Kabupaten Tanjab Timur yang terdiri dari bermacam - macam Suku, Etnis, Budaya, Adat istiadat dan Agama yang berbeda - beda, dengan latar belakang Budaya yang beraneka ragam, namun merupakan satu kesatuan dengan semboyan " Bhineka Tunggal Ika.

" Dimana pada Pesta Demokrasi nanti, Saya harapkan kepada para Tokoh Masyarakat, Agama, Suku dan Budaya di Tanjab Timur mari kita dukung dan jaga ketertiban dan keamanan di lingkungan Kita demi terwujudnya suasana Tentram, Aman, Sejuk dan Harmonis ," Tutupnya.

 

 

 

 

 


Penulis: Akhmad SF
Editor: Akhmad SF
Sumber: eNewsTimE.id


Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement