Kesbangpol Tanjabtim Adakan penguatan Kesadaran Bela Negara



Selasa, 14 November 2023 | 23:39:54 WIB



Sosialusasi Penguatan Kesadaran Bela Negara
Sosialusasi Penguatan Kesadaran Bela Negara

Advertisement


Advertisement

eNewsTimE.id, Tanjabtim - Dalam upaya menjaga kedaulatan Negara dari ancaman dan tantangan dari dalam maupun luar Negeri, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Tanjab Timur, Jambi mengadakan Sosialisasi penguatan Kesadaran Bela Negara. 

Kegiatan yang mengangkat tema " memantapkan ideologi dan penguatan Kesadaran Bela Negara sebagai wujud kecintaan pada NKRI dalam menghadapai PEMILU dan Pilkada serentak Tahun 2024 " ini berlangsung di ruang aula Kantor Kesbangpol setempat dengan di ikuti oleh puluhan pelajar tingkat SLTA sederajat, Selasa (14/11/23).

Dimana kegiatan ini bertujuan guna mengoptimalkan pengembangan dan pelaksanaan pemberdayaan dan penguatan Kesadaran berbagsa dan bernegara yang berlandaskan pada nilai Pancasila, UUD RI 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara kesatuan RI. 

Bupati Tanjab Timur H. Romi Hariyanto, S.E dalam sambutannya yang di bacakan Kepala Dinas Kesbangpol Tanjabtim Sularto, S.Kom menyampaikan bahwa dimana bela Negara merupakan keniscayaan dan sangat diperlukan, karena merupakan pondasi utama dalam menjaga kedaulatan, Keamanan, dan kelangsungan hidup suatu bangsa. 

" untuk bela Negara melibatkan segala upaya guna menjaga kedaulatan Negara dari ancaman dan tantangan, baik dari dalam maupu dari luar Negeri ," Paparnya.

Maka dari itu, lanjutnya, kesiapan dalam bidang pertahanan, baik secara fisik maupun non fisik sangat penting, agar Negara dapat menghadapi dari berbagai potensi ancaman dan mejaga keamanan Wilayahnya.

" Kesadaran Bela Negara ini juga berkaitan erat dengan pemerintah ideologi, Budaya dan identitas Nasional. Dan ini melibatkan penghargaan terhadap nilai - nilai dasar Bangsa, Sejarah dan Budaya yang menjadi identitas suatu Negara ," Ungkapnya.

Dimana melalui program bela Negara ini dapat mendorong pemberdayaan Masyarakat dalam berbagai aspek kehidupan. Sehinga Masyarakat dapat aktif terlibat dalam pembangunan ekonomi, Sosial dan Budaya, dengan begitu Negara menjadi lebih kuat dan Mandiri. 

Selain ancaman militer, katanya , bela Negara ini juga mencakup pencegahan dan penghadangan terhadap ancaman non konvensional, seperti Teroris, Radikalisme, Bencana Alam maupun dari ancaman keamanan siber. 

" Kesadaran Bela Negara ini dapat membantu Masyarakat untuk menghadapi berbagai tantangan secara efektif " ucapnya.

Bupati Romi harapkan peran aktif Generasi Muda dalam bela Negara bentuk rasa cita tanah air dan kesadaran akan tangung jawab terhadap Negara. Karena Pemuda suatu agen perubahan untuk menciptakan masa depan yang lebih baik. 

" Pembekalan sedini mungkin kepada Generasi muda ini agar mereka mampu menghadapi berbagai tantangan di masa depan, Sehinga lebih siap menghadapi segala bentuk ancaman dari dalam maupun luar Negeri ," terangnya.

 

 

 

 

 

 

 


Penulis: Akhmad SF
Editor: Akhmad SF
Sumber: eNewsTimE.id

Tagar:

# MUARASABAK

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement