Pembukaan Pekan Harmoni Budaya dan Sungai Penuh Expo, Meriah



Rabu, 08 November 2017 | 10:40:14 WIB



Walikota Sungaipenuh saat menyampaikan kata sambutan
Walikota Sungaipenuh saat menyampaikan kata sambutan Averman

Advertisement


Advertisement

SUNGAIPENUH,eNewsTimE.co – Dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-9 Kota Sungaipenuh, pada Senin (06/11) Pemerintah Kota Sungaipenuh menggelar Pekan Harmoni Budaya dan Sungaipenuh Expo Tahun 2017. Acara ini resmi dibuka oleh Walikota Sungaipenuh, Asafri Jaya Bakri (AJB), didampingi Ketua Tim Penggerak PKK, Ny. Emi Zola Asafri, dengan ditandai pemukulan Gong oleh Walikota AJB.

Pembukaan Pekan Harmoni dan Sungaipenuh Expo 2017 yang dipusatkan di lapangan Merdeka itu berlangsung meriah.

Dalam acara Pekan Harmoni Budaya dan Sungaipenuh Expo tahun 2017 tersebut, akan menampilkan beberapa kegiatan, yang paling utama yakni menampilkan proses kenduri sko dan ritual penurunan atau pembersihan benda pusaka yang dilakukan Delapan Kecamatan dalam Kota Sungaipenuh.

Selain itu, kegiatan yang digagas oleh Dinas Kebudayan dan Pariwisata (Budpar) Kota Sungaipenuh ini, juga akan diisi dengan  pameran pembangunan yang diikuti Organisasi Perangkat Daerah (OPD), BUMN/BUMD dan kalangan swasta di Sungaipenuh.

Walikota Sungaipenuh Asafri Jaya Bakri mengataka, bahwa acara yang di pusatkan di lapangan Merdeka Kota Sungaipenuh tersebut akan digelar dari tanggal 6-9 November. Pekan Harmoni Budaya dan Sungaipenuh Expo Tahun 2017 ini terkait dengan ekonomi, sengaja telah dibuat beberapa tahun lalu. Karena, bahwa Sungaipenuh ini potensi keragaman budaya, adalah suatu keniscayaan yang harus dijaga, pelihara sebagai modal pembangunan. ‘’Oleh karena itu, harus dikembangkan diharmoni agar menjadi suatu yang berharga,’’ kata Walikota AJB.

Walikota menyebutkanm, Expo ini merupakan upaya Pemkot Sungaipenuh dalam meningkatkan dan menggeliatkan ekonomi Kota Sungaipenuh, karena Sungaipenuh, merupakan Kota perdagangan dan jasa sejak dulu kala. ‘’Banyak budaya di Kota Sungaipenuh, maka kita tunjuk dan tampilkan satu persatu. Oleh karna itu, kenduri Sko harus dipraktekkan satu persatu maknanya, agar menjadi sesuatu yang besar,’’ tuturnya.

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik Provinsi Jambi, Tagur Mulya yang hadir pada kesempatan tersebut mengatakan, bahwa melihat serangkain acara, sehingga mereka berharap momen ini, festival ini akan menjadi event nasional. ‘’Ini kegiatan unik, sangat khas, dimana kita lihat ketua taganai dan adat berpakaian adat lengkap. Untuk itu perlu kita pupuk, lestarikan, majukan, kita bina, dan ini akan kita usulkan untuk menjadi event nasional,’’ tegasnya.

Hal tersebut, menurutnya, dikarenakan kegiatan dan event yang dilakukan Pemerintah Kota Sungai Penuh ini, belum pernah dilakukan oleh Kabupaten/Kota lainnya yang ada di Indonesia ini. ‘’’Ditempat lain, tidak kita temui seperti ini di Provinsi lain, oleh karena itu, saya mengharapkan betul kepada pemerintah pusat agar mendukung untuk melestatikan dan mengembangkan,’’ ungkapnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) Kota Sungaipenuh, Zulwahdi mengatakan, Pekan Harmoni dan Sungapenuh Expo 2017 merupakan salah satu momentum strategis untuk menggali tradisi budaya, mengembangkan potensi kepariwisataan sekaligus mengembangkan
industry dan ekonomi kreatif serta dalam upaya untuk mempromosikan Kota Sungaipenuh dalam berbagai aspek pembangunan.


Penulis: Averman
Editor: Lia
Sumber: eNewsTimE.co

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement