Ribuan Massa Gelar Unjuk Rasa ke Kantor DPRD Kerinci



Rabu, 08 Februari 2017 | 11:48:08 WIB



Terlihat Ribuan Massa Saat Aksi Demo
Terlihat Ribuan Massa Saat Aksi Demo Averman

Advertisement


Advertisement

KERINCI,eNewsTimE.co-Ribuan petani yang berladang diwilayah Adat Depati Muara Langkap di Kecamatan Batang Merangin, menggelar aksi unjuk rasa di kantor DPRD kabupaten Kerinci, Selasa (7/2) kemarin. Ribuan massa yang menggelar aksi damai tersebut merupakan warga yang berasal dari berbagai wilayah di Kabupaten Kerinci dan Kota Sungaipenuh. Diantaranya dari Kecamatan Air Hangat, Kecamatan Depati Tujuh, Kecamatan Air Hangat Timur Kabupaten Kerinci, serta dari Kecamatan Hamparan Rawang, Kecamatan Pesisir Bukit, Kota Sungaipenuh.
 
Kedatangan ribuan massa itu, meminta agar DPRD Kerinci membantu mencarikan solusi terhadap tanah milik warga non masyarakat wilayah Adat Muaro Langkap yang sedang dipersoalkan. Setelah menyampaikan orasi didepan kantor DPRD Kerinci, sejumlah perwakilan pengunjukrasa ini diperbolehkan masuk oleh dewan dan diterima oleh pimpinan serta anggota DPRD Kabupaten Kerinci.
 
Dihadapan pimpinan dan anggota DPRD Kerinci, perwakilan para pengunjukrasa menyampaikan aspirasinya. mereka menyebutkan, penolakan terhadap putusan Adat Depati Muaro Langkap, tentang penertiban peladang pendatang di wilayah Depati Muaro Langkap. Heri Purwanto Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Kerinci mengatakan, bahwa surat keputusan Depati Muaro Langkap, tidak sah. Pasalnya, tidak diatur dengan Peraturan Daerah. Menurut dia, rapat yang dilaksanakan belum lama ini, bukanlah merupakan keputusan daerah. Heri Purwanto, meminta dan mendesak penegak hukum turun tangan, untuk mengusut permasalahan ini.  "Kita minta penegak hukum turun untuk menghindari hal yang tidak diinginkan," tuturnya.
 
 

Penulis: Averman
Editor: Lia

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement