Usaha Nelayan Terus Ditingkatkan



Selasa, 07 Februari 2017 | 12:26:47 WIB




Advertisement


Advertisement

MUARASABAK,eNewsTimE.co- Pemkab Tanjabtim terus berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan para nelayan. Bantuan-bantuan pun terus digelontorkan terhadap para nelayan yang kurang mampu di Bumi Sepucuk Nipah Serumpun Nibung itu. ‘’Semua yang dibutuhkan nelayan, secara bertahap akan direalisasikan, baik berupa alat tangkap maupun peralatan lainnya yang mendukung usaha mereka,’’ ungkap Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tanjabtim, Ahmad Riandi Pane melalui Kabid Perikanan Tangkap, Devi saat disambangi di ruang kerjanya, kemarin.

Menurutnya, baru-baru ini Dinas Perikanan telah merealisasikan pengajuan kelompok nelayan Desa Lambur Luar Kecamatan Muarasabak Timur. Dimana kelompok tersebut mendapatkan bantuan berupa seperangkat jaring sebanyak delapan paket. ‘’Mereka mendapatkan empat paket jaring milenium ukuran 4 inci enam paket, dan jaring multivilamen 3 inci sebanyak dua paket,’’ tuturnya.

Dalam satu paket jaring milenium ukuran 4 inci itu, terangnya, panjangnya mencapai 1.500 meter. Sedangkan satu paket jaring multivilamen ukuran 3 inci, panjang mencapai 2.500 meter. ‘’Jaring ini dapat menangkap ikan ukuran setengah kilo gram dalam satu ikannya. Sehingga jaring ini aman bagi populasi hewan laut yang lebih kecil. Dengan begitu, pelestarian hewan daut dapat terlindungi dan terjaga dengan baik,’’ jelasnya.

Dia berharap, bantuan yang diberikan itu dapat dijaga dengan baik. Dengan bantuan itu, pendapatan para nelayan dapat meningkat tajam. ‘’Intinya bantuan itu diberikan, agar mereka para nelayan dapat kembali aktif dalam profesinya sehari-hari. Hal itu dikarenakan, mereka telah mendapatkan atau mengunakan alat tangkap yang aman bagi hewan laut yang lebih kecil,’’ tutupnya.


Penulis: Akhmad,SF
Editor: Lia

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement