Warga Tanjabtim Ciptakan Mesin Pembelah Pinang



Senin, 24 Juli 2017 | 21:12:14 WIB



INOVASI- Mesin pembelah pinang inovasi warga Kabupaten Tanjabtim
INOVASI- Mesin pembelah pinang inovasi warga Kabupaten Tanjabtim MAULANA/NT

Advertisement


Advertisement

MUARASABAK, eNewsTimE.co - Sebuah inovasi baru telah diciptakan oleh putra daerah asal warga Desa Rantau Rasau II, Kecamatan Rantau Rasau, Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim). Takdir Ali Syahbani bin M. Yusuf Agung, warga RT 12 Dusun Karya Dadi, seorang petani pinang yang hanya tamatan STM membuat sebuah inovasi alat pembelah pinang menggunakan tenaga mesin diesel.

Dengan menggunakan alat pembelah pinang otomatis tersebut, dalam kurun waktu 10 menit dapat menghasilkan 3 karung pinang atau setara dengan 150 Kg pinang belah. Jika dikalkulasikan, untuk pinang sebanyak 1 ton dapat dikerjakan hanya dengan menggunakan waktu 1 jam saja. ‘’Sementara jika membelah pinang secara manual dalam waktu sehari hanya bisa menghasilkan 10 Kg pinang,’’ kata Takdir Ali Syahbani, kemarin.

Takdir mengaku, bahwa dengan adanya alat tersebut sangat membantu meringankan pekerjaannya dalam membelah pinang. ‘’Yang awalnya harus mengupah pada orang lain dengan harga Rp. 2.000 per Kg, sekarang dengan adanya alat tersebut tidak hanya menghemat biaya pengeluaran, tetapi juga menghemat tenaga dan waktu,’’ tukasnya.


Penulis: MAULANA
Editor: MAULANA
Sumber: eNewsTimE.co

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement