Stok Beras untuk Penanganan Covid-19 Aman

Warga Dihimbau untuk Terus Patuhi Prokes


Minggu, 20 Desember 2020 | 12:40:31 WIB



Petani Tanjabtim saat menjemur padi
Petani Tanjabtim saat menjemur padi BENI MURDANI/NT

Advertisement


Advertisement

MUARASABAK, eNewsTimE.co - Stok beras yang dibeli untuk penanganan Covid-19 dan kebutuhan beras ASN di Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), Provinsi Jambi hingga kini masih aman atau terpenuhi. ‘’Alhamdulillah, selama Pandemi Covid-19 stok pangan kita (Warga Kabupaten Tanjabtim, red), terutama beras tidak masalah, selalu mencukupi,’’ ungkap Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Tanjabtim, Sunarno, (20/12).

Dia menyebutkan, bahkan masih banyak Beras yang sudah dipanen oleh petani lokal yang belum tertampung oleh Pemkab Tanjabtim. Oleh sebab itu, sebagian petani tersebut menjual Beras keluar daerah. ‘’Kita tidak mungkin menahan petani untuk menjual hasil panennya keluar, karena petani-petani butuh biaya. Makanya petani masih menjual ke Tengkulak luar daerah,’’ sebutnya.

Dia mengajak para petani dan seluruh elemen masyarakat Bumi Sepucuk Nipah Serumpun Nibung untuk selalu bersyukur, karena dimasa situasi ekonomi yang kurang stabil dampak dari Pandemi Covid-19 ini, keteserdiaan Beras di Kabupaten Tanjabtim tetap aman. ‘’Ya, berkat kerjasama petani dan pemerintah dibidang pertanian sehingga stok pangan tak pernah langka,’’ ujarnya. ‘’Hendaknya selaras dengan pencegahan Covid-19 ini, mari kita bersama-sama menerapkan pola 3 M, Mencuci Tangan Pakai Sabun, Menggunakan Masker dan Menjaga Jarak. Ayo, sama-sama kita terapkan pola hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari kita, dengan bersama kita pasti bisa,’’ imbuhnya.

Mengenai Stok Beras ini, dia menjelaskan, bahwa pada periode April-September 2020 telah memproduksi 5.704 Ton Beras dari lahan seluas 4.581 hektar. ‘’Data produksi Beras tersebut juga tercatat di Badan Pusat Statistik Kabupaten Tanjabtim,’’ katanya.

Dikonfirmasi terpisah, salah satu petani padi di Kecamatan Berbak, Usman mengucapkan terimakasih atas kerjasama dan bantuan dari pemerintah dibidang pertanian ini. ‘’Keteserdiaan Beras kita tak pernah kurang, dan ekonomi kami praktis terangkat,’’ ungkapnya.

Didalam pencegahan Covid-19, dia pun mengaku sangat mematuhi himbauan pemerintah tentang pola hidup bersih dan sehat serta disiplin menerapkan pola 3 M. ‘’Ya, demi kesehatan kita bersama, mari kita rutin mencuci tangan dengan sabun, kemudian menggunakan masker serta menjaga jarak atau menghindari kerumunan,’’ tukasnya.

  


Penulis: BENI MURDANI
Editor: BENI MURDANI
Sumber: eNewsTimE.co

Advertisement
Advertisement
Advertisement