Pasca Pilkada, Gugus Tugas Covid-19 Tanjabtim Lakukan Rapid Test Masal



Sabtu, 19 Desember 2020 | 14:56:48 WIB



Rapid Test
Rapid Test BENI MURDANI/NT

Advertisement


Advertisement

MUARASABAK, eNewsTimE.co - Khawatir terjadi penambahan kasus baru Covid-19 pasca Pilkada Serentak tahun 2020, pada Rabu 9 Desember 2020 lalu, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 langsung bergerak cepat untuk melakukan pengambilan sample di beberapa wilayah Kecamatan guna mengetahui ada atau tidak dampak yang signifikan usai pelaksanaan Pilkada.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), Sapril langsung menginstruksikan kepada Satuan Gugus Tugas Covid-19, dalam hal ini Dinas Kesehatan Tanjabtim untuk melakukan pengambilan sample uji Rapid Test dari beberapa Kecamatan yang saat ini memiliki tingkat resiko penyebaran Covid-19 yang patut diwaspadai. ‘’Pengambilan sample uji Rapid Test ini dilakukan kepada masyarakat yang turut menggunakan hak pilihnya pada 9 Demsember lalu. Selain itu petugas yang berada di TPS juga dilakukan Rapid Test. Baik itu penyelenggara dari KPU, Bawaslu, Saksi hingga petugas keamanan yang berjaga di TPS,’’ ungkap Sapril, (19/12/2020).

Dia menjelaskan, dalam hal ini tidak semua Kecamatan akan diambil sample uji Rapid Test, melainkan hanya beberapa wilayah Kecamatan saja yang dinilai memiliki jumlah kasus terkonfirmasi yang lebih banyak dan tingkat penyebaran Covid-19 yang dinilai cukup signifikan. ‘’Sejauh ini proses pelaksanaan pengambilan sample masih berlangsung dengan Kecamatan yang menjadi fokus perhatian tersebut yaitu Kecamatan Muarasabak Barat yang saat ini memiliki total 32 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 dengan 22 orang dinyatakan sembuh. Kemudian Kecamatan  Mendahara total 6 kasus terkonfirmasi positif dengan 3 orang dinyatakan sembuh, dan Kecamatan Nipah Panjang  total 5 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 dengan 2 dinyatakan sembuh,’’ bebernya.

Sapril menghimbau kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan, lakukan 3 M, mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak. ‘’Mari bersama-sama kita lawan Covid dengan melakukan pola hidup sehat,’’ ujarnya.

 


Penulis: BENI MURDANI
Editor: BENI MURDANI
Sumber: eNewsTimE.co


Advertisement
Advertisement
Advertisement