Puskesmas Kekurangan Kendaraan Operasional



Senin, 08 Mei 2017 | 14:33:55 WIB



mobil ambulance
mobil ambulance dokumen

Advertisement


Advertisement

KERINCI,eNewsTimE.co--Dari 21 Puskesmas yang ada dikabupaten Kerinci, sebagian besar masih kekurangan kendaraan operasional, terutama roda dua untuk petugas ke lapangan. Selain itu, ada juga sejumlah puskesmas dibeberapa wilayah, masih membutuhkan mobil ambulance baru, karena ambulance yang ada sudah tak layak pakai. 

Hal ini diutarakan Kabid Pelayanan Kesehatan (Yankes) Dinas Kesehatan Kerinci, Yuldi Candra. Dia mengatakan sejumlah Puskesmas di Kabupaten Kerinci, masih kekurangan kendaraan operasional dan mobil ambulance. Menurut dia saat ini banyak kendaraan operasional yang sudah tidak layak pakai.

"Dari 21 Puskesmas yang ada dikabupaten Kerinci sebagian besar masih kekurangan terutama roda Dua, untuk petugas kelapangan. Disamping itu ada mobil ambulance yang sudah tua sehingga harus diganti, seperti di Puskesmas Sungai Tutung dan Depati Tujuh,"tuturnya.

Saat ini, lanjut dia, setiap puskesmas memiliki satu unit mobil ambulance, Menurutnya untuk standar mobil Ambulance di Puskesmas perawatan minimal harus siap siaga 2 unit mobil ambulance, untuk itu pihaknya akan mengusulkan pengadaan mobil ambulance serta kendaraan operasional untuk puskesmas. "2018 mendatang, kita harapkan bisa dianggarkan," ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, selain kendaraan operasional dan mobil ambulance, pihaknya juga mengaku masih kekurangan tenaga dokter di Puskesmas, seperti di Puskesmas Muara Emat, kecamatan Batang Merangin dan Puskesmas Simpang Tutup, yang baru beroperasi, saat ini belum memiliki dokter.

"Rata-rata disetiap Puskesmas kita, saat ini hanya 1 dokter, kalau dokternya cuti bagaimana. Ini yang menjadi perhatian kita. sedangkan tes CPNS tidak ada, jadi terpaksa kita maksimalkan yang ada," tukasnya.

 


Penulis: Averman Deka
Editor: Nurdin Manessa
Sumber: eNewsTimE.co

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement