Wabup Robby Lepas Peserta PENAS KTNA



Jumat, 05 Mei 2017 | 21:58:38 WIB



Wabup Tanjabtim Robby Nahliyansyah bersama peserta PENAS KTNA ke XV
Wabup Tanjabtim Robby Nahliyansyah bersama peserta PENAS KTNA ke XV AKHMAD/NT

Advertisement


Advertisement

MUARASABAK, eNewsTimE.co - Wakil Bupati (Wabup) Tanjabtim, H. Robby Nahliyansyah, pada Rabu (3/5) di aula Kantor Bupati Tanjabtim secara resmi melepas keberangkatan peserta Pekan Nasional Kelompok Tani Nelayan Andalan (PENAS KTNA) yang ke XV di Provinsi Aceh Darussalam.

Ketua rombongan PENAS KTNA, Ibnu Hayat mengungkapkan, bahwa dasar kegiatan itu melalui DPA Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Bidang Penyuluhan. Mengikutsertakan sebanyak 79 orang dalam kegiatan PENAS KTNA itu, guna meningkatkan wawasan, kemampuan dan inovasi pelaku pertanian. ‘’PENAS KTNA ini ialah wadah kegiatan belajar mengajar, tukar menukar infrmasi serta pengembangan kemitraan dan jejaring kerjasama antara petani, nelayan, petani hutan, peneliti, penyuluh, pihak swasta dan Pemerintah,’’ paparnya.

Kegiatan itu akan dilaksanakan selama enam hari, mulai tanggal 6 hingga 11 Mei 2017. Dalam kegiatan itu, peserta akan mengikuti sebanyak ena jenis kegiatan, diantaranya temu wicara petani ASEAN, temu profesi perikanan, temu usaha angribisnis, unjuk kebolehan dan pengunaan pestisida nabati. ‘’Peserta akan diberangkatkan pada 4 Mei dan akan kembali pada 11 Mei, mereka akan menginap di rumah penduduk. Dan segala biaya dibebani kepada  APBD Tanjabtim angaran tahun 2017,’’ ujarnya.

Bupati Tanjabtim, H. Romi Hariyanto, SE melalui Wakil Bupati (Wabup) H. Robby Nahlyiansyah juga mengatakan, kegiatan PENAS KTNA itu adalah wadah kegiatan belajar mengajar, tukar menukar informasi serta pengembangan kemitraan dan jejaring kerjasama antara petani, nelayan, petani hutan, peneliti, penyuluh, pihak swasta dan pemerintah yang telah berlangsung sejak 1971 silam. Dengan berkembangnya tekhnologi dan infrmasi, maka semakin banyak dan cangihnya ilmu dan theknologi yang dapat ditampilkan dan dilaksanakan. Tentunya banyak kegiatan yang dilakukan selama berlangsungnya kegiatan itu. ‘’Dengan jumlah peserta dan dana yang cukup besar ini, kita berharap dapat membuahkan hasil yang signifikan untuk Kabupaten Tanjabtim yang kita cintai ini,’’ ungkap Wabup Robby.

Wabup juga berharap kepada peserta maupun panitia pendamping kegiatan itu agar dapat meningkatkan pengetahuan dan pengalamannya untuk menerapkannya di Tanjabtim ini. Dan aktif dalam berbagai kegiatan, pertemuan, promosi dan lain sebaginya, agar dapat memperoleh predikat yang baik. ‘’Khusus Kelopok Tani, saya berharap nantinya dapat encontoh menjadi Ambo Eme, yang belajar dan menerapkannya dengan tekun yang diperolehnya pada kegiatan Penas pada periode sebelumnya,’’ harapnya.

Kepada petugas lapangan yang mengikuti kegiatan PENAS ini, agar sepulangnya dapat menjadikan sebagai aspirasi dan pengerak penerapannya di masyarakat atau Kelompok Tani binaannya masing-masing. Kemudian untuk pendamping, agar hal itu dapat dijadikan sebagai sumber inspirasi untuk bahan perencanaan pembangunan pertanian tanaman pangan, holtikultura, peternakan, perkebunan, dan perikanan demi tercapainya peningkatan produksi yang bermuara terhadap Meningkatnya Kesejahteraan Rakyat (Merakyat) di Kabupaten Tanjabtim ini. ‘’Selama mengikuti PENAS, saya berharap peserta dapat menjaga sikap dan tingkah laku, baik di tempat pemondokan ataupun di tempat pergelaran tekhnologi. Jadilah wakil daerah yang dapat memberikan kesan baik dan positif bagi tuan rumah dan daerah lainnya. Dan semoga dalam kegiatan Penas ini nantinya akan memberikan manfaat yang besar bagi Kabupaten Tanjabtim ini,’’ tukasnya.


Penulis: AKHMAD. SF
Editor: BENI MURDANI
Sumber: eNewsTimE.co

Tagar:

# MUARASABAK

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement