Kampanye Hijau Memupuk Kembali Semangat Gotong Royong



Sabtu, 01 April 2017 | 19:33:07 WIB



Kampanye hijau yang dilaksanakan dengan semangat gotong royong
Kampanye hijau yang dilaksanakan dengan semangat gotong royong ISTIMEWA/NT

Advertisement


Advertisement

BERBAK, eNewsTimE.co - Warga Desa Sungai Rambut, Kecamatan Berbak, Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), Kamis (29/3), menyelenggarakan kegiatan kampanye hijau dengan tema “Ayo.. Gotong Royong..!”. Acara berlangsung sebagai puncak dari rangkaian acara yang diselenggarakan selama 2 hari berisi aneka lomba-lomba seperti lomba balap perahu dan lomba panjat pinang untuk pemuda, lomba tarik tambang dan balap engkang untuk Ibu-Ibu, lomba Adzan dan Tartil Qur’an untuk anak-anak, serta lomba kebersihan antar RT.

Acara diselenggarakan dan digagas oleh Kader Hijau Desa Sungai Rambut, didukung oleh KEMALA (Konsorsium Energi Mandiri Lestari), sebuah organisasi yang peduli kepada pengembangan energi terbarukan gabungan dari 4 lembaga, yaitu Lakpesdam PBNU, PSEK UGM, PSE UGM dan CCES. KEMALA menjalankan program Pengembangan Sumber Daya Alam Berbasis Komunitas dengan dukungan dana dari proyek PSDABM Window-2 MCA Indonesia.

Slogan “Ayo.. Gotong Royong..!” diambil sebagai tema kegiatan kampanye hijau sebagai harapan kader hijau untuk memupuk kembali semangat gotong royong segenap warga Desa Sungai Rambut dalam membangun ekonomi, sosial dan lingkungan Desa.

Ketua Kader Hijau Desa, Al Amin mengungkapkan, semangat gotong royong warga Desa selama beberapa tahun terakhir dirasa semakin luntur, seiring kehidupan ekonomi yang juga dirasa semakin sulit. ‘’Warga cenderung lebih memikirkan kepentingan individu untuk memenuhi kebutuhan dirinya serta keluarganya,’’ ujarnya. ‘’Untuk itulah tema ini kami angkat untuk mengingatkan kembali warga terhadap tradisi gotong royong Desa yang sudah ada secara turun temurun. Kader hijau siap menjadi motor penggerak untuk perubahan sosial yang diharapkan,’’ imbuhnya.

Sementara itu, Pembina Kader Hijau Desa Sungai Rambut, MG Harahap mengatakan, kader hijau Desa siap untuk dididik dan dibina untuk ke depannya dapat lebih menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi tepat guna serta bagaimana menerapkannya untuk kemajuan Desa dan kesejahteraan warga. ‘’Hari ini (kemarin, red) kami meluncurkan produk pertama kompos hasil olahan limbah ternak dan pertanian yang ada di Desa. Kedepannya kelompok-kelompok tani Desa kami diharapkan menjadi pembeli utama produk pupuk kompos yang dibuat oleh kader hijau,’’ ungkapnya.

Sebagai puncak acara kampanye hijau dibacakan deklarasi hijau dengan dipimpin langsung oleh Kepala Desa Rawasari, berisi peryataan tekad warga untuk memelihara kebersamaan sosial, memupuk semangat gotong royong, menjaga kelestarian lingkungan dan meningkatkan kemandirian ekonomi. Selain itu acara juga diisi dengan pentas seni tradisi melayu yang masih bertahan di Desa Sungai Rambut, yaitu Senandung Bajolo dan Kompangan.

                             


Penulis: BUYAMIN
Editor: MAULANA
Sumber: eNewsTimE.co

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement