Harga Cabe di Tanjabtim Turun



Kamis, 30 Maret 2017 | 22:06:50 WIB



Tumpukan cabe di lapak pedagang
Tumpukan cabe di lapak pedagang DOK/NT

Advertisement


Advertisement

Harga Cabe di Tanjabtim Turun

 

MUARASABAK, eNewsTimE.co - Setelah sebelumnya melambung cukup tinggi, harga cabe saat ini kembali turun. Terhitung dipertengahan bulan Maret ini, harga cabe sudah kembali stabil. ‘’Bisa dibilang sudah mulai stabil harganya. Saat ini harga cabe merah sudah mencapai harga Rp. 16.000/Kg. Sedangkan cabe rawit masih sedikit mahal dibanding cabe merah, yakni Rp. 25.000/Kg,’’ kata salah satu pedagang di Pasar Tradisional Parit Culum I, Ucok, Kamis (30/3).

Ucok menuturkan, bahwa penurunan harga tersebut sudah terjadi dari beberapa minggu terakhir ini. ‘’Sebenarnya harga cabe sudah mulai turun dari beberapa minggu lalu. Misalnya, cabe merah secara bertahap turut sedikit demi sedikit yakni dari harga Rp. 40.000, lalu turun ke harga Rp. 26.000, dan sekarang harganya Rp. 16.000/Kg. Walaupun ada kalanya mengalami kenaikan namun tidak signifikan, hanya berkisar dari Rp. 2.000 hingga Rp. 5.000/Kg,’’ beber Ucok.

Selain cabe, harga bawang merah dan bawang putih bisa dikatakan stabil. Misal bawang merah terus saja bertengger diharga Rp. 24.000 hingga Rp. 28.000/Kg. ‘’Sekarang sudah hampir stabil semua harganya, baik cabe maupun bawang. Sebenarnya kalau untuk cabe dan bawang kenaikan harga tidak dapat dihindarkan kalau stok di tauke tidak ada. Gimana kita mau memberikan harga murah sedangkan harga kita ngambil ke tauke sudah mahal. Begitu juga tauke, bagaimana dia mau memberikan harga murah ke kita jika stok barang tipis atau cuma sedikit dan dia mengambil dari petani juga sudah mahal,’’ ujar Ucok.

Selain itu, salah satu pembeli, Tia menuturkan, bahwa penurunan harga tersebut sangat membantunya dalam menekan pengeluaran. ‘’Alhamdulillah sekarang harga cabe dan bawang sudah lumayan terjangkau, tidak mahal lagi. Sehingga kita bisa menekan pengeluaran. Bayangkan saja misal harga cabai masih Rp. 50/Kg, jika kita beli cabe setengah kilo sudah Rp. 25 ribu. Kita berharap harga ini terus berlanjut hingga lebaran tiba,’’ harapnya.


Penulis: MAULANA
Editor: LIA
Sumber: eNewsTimE.co

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement