Hadapi Kemarau, Bupati Intruksikan Buat Embung Air



Jumat, 17 Maret 2017 | 14:05:37 WIB



Bupati Safrial Saat Diwawancarai Sejumlah Media
Bupati Safrial Saat Diwawancarai Sejumlah Media Rita

Advertisement


Advertisement

KUALATUNGKAL,eNewsTimE.co - Dalam memasuki kemarau panjang tahun 2017 ini, Bupati Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar), DR. Ir. H. Safrial,MS mengintruksikan kepada Kepala BNPB agar selalu siap siaga menghadapi kebakaran lahan gambut. "Saya berharap OPD yang menangani kebakararan lahan gambut baik Damkar maupun BNPB selalu berkoordinasi kerja sama. Mudah–mudahan 2017 ini kebakaran bisa diperkecil lagi dari pada tahun 2016," kata Bupati saat memimpin upacara gabungan PNS, TNI dan Polri halaman Kantor Bupati Kabupaten Tanjabbar, Jum’at (17/3).

"Sebentar lagi kita akan menghadapi kemarau panjang yang menurut ramalan akan lebih parah dari tahun sebelumnya. Saya juga telah mengintruksikan kepada Camat supaya berkoordinasi dengan Koramil, Kapolsek dan Kepala Desa agar berkoordinasi dengan Babinsa untuk melakukan patroli. Dan yang paling penting saya juga telah mengintruksikan kepada OPD Tanjabbar baik itu perkebunan dan dinas terkait baik itu peralatan-peralatan yang ada di perusahaan itu tolong dicek kembali menara api, embung air dan sebagainya," tambahnya.

Dilanjutkan Bupati, yang paling penting kalau ada kanal-kanal yang tidak digunakan untuk jalur transportasi air, lebih baik ditutup muaranya dari sekarang supaya keberadaan air masih tersimpan. "Karena kita belajar dari PT. Wira Karya Sakti (PT.WKS) itu jarang terbakar, sebab WKS membuat embung air. Sifat yang gambut ini minimal 30 cm dari permukaan harus ada air," tutur Safrial.

Penulis: Rita Gunawan
Editor: Lana



Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement