Satgas TMMD Kodim 0417 Kerinci, Kunjungi dan Bantu Olah Biji Kopi



Selasa, 12 Maret 2019 | 15:35:55 WIB



Anggota Satgas TMMD ke 104 Kodim 0417/Kerinci, Kunjungi Tempat Pengolahan Kopi
Anggota Satgas TMMD ke 104 Kodim 0417/Kerinci, Kunjungi Tempat Pengolahan Kopi AVERMAN DEKA/NT

Advertisement


Advertisement

SUNGAIPENUH,- eNewsTimE.co - Sejumlah anggota Satgas TMMD Kodim 0417 Kerinci, Selasa (12/3) pagi, mengunjungi salah satu tempat pengolahan kopi terkenal dikota Sungaipenuh dan kabupaten Kerinci, milik Haji Pen di dusun Batu Panjang desa Sungai Jernih Kecamatan Pondok Tinggi kota Sungaipenuh .
 
Lokasi pengolahan kopi milik Haji Pen di desa Sungai Jernih tersebut bersebelahan dengan desa Sungai Ning yang merupakan lokasi kegiatan pelaksanaan program TMMD 104 Kodim 0471 Kerinci.
 
Proses pembuatan bubuk kopi tersebut berawal dari proses perendangan biji kopi, selanjutnya di lakukan penumbukan biji kopi yang bertujuan untuk menghaluskan biji kopi, kemudian dilakukan proses penyaringan. Dengan adanya kunjungan ini, sehingga anggota satgas TMMD yang selama ini belum pernah melihat proses pengolahan kopi bisa mengetahui cara pengolahannya.
 
Serda Rangga salah seorang anggota Satgas TMMD yang ikut mengunjungi tempat pengolahan kopi, mengatakan ia bersama sejumlah anggota TMMD lainnya, tidak hanya berkunjung saja namun juga membantu proses tahapan demi tahapan dalam pengolahan biji kopi.
 
"Ya. Kali ini kami sengaja mengunjungi tempat pengolahan kopi di desa Sungai Jernih yang bersebelahan dengan desa Sungai Ning tempat kami melakukan program TMMD ke 104. Kunjungan ini bertujuan untuk menambah wawasan kami, agar nantinya kami bisa lebih memahami proses pengolahn biji kopi menjadi kopi bubuk"ujarnya. 
 
Komoditi Kopi merupakan salah satu produk andalan kota Sungai Penuh, terutama kopi Arabika yang saat ini menjadi primadona petani kopi. Kota Sungai Penuh yang memiliki dataran tinggi sangat cocok untuk ditanami kopi dengan ketinggian Kota Sungai Penuh yang di mulai dari 700 hingga1500 Mdpl.

Penulis: AVERMAN DEKA
Editor: BENI MURDANI
Sumber: ENEWSTIME.CO

Tagar:

# SUNGAIPENUH

Advertisement
Advertisement
Advertisement