Formulasi Pasta Gigi Arang Aktif Cangkang Sawit

Elaeis Guineensis Jacg sebagai Pemutih Gigi pada Pecandu Nikotin


Selasa, 04 September 2018 | 18:24:33 WIB



Tim Peneliti Dosen Unja saat mengadakan penelitian
Tim Peneliti Dosen Unja saat mengadakan penelitian ISTIMEWA/NT

Advertisement


Advertisement

eNewsTimE.co - Arang aktif atau activated charcoal mampu menyerap kotoran atau racun. Pori-pori yang terbentuk pada arang aktif ini akan mengikat kotoran-kotoran pada permukaan gigi. Efektifitas daya serap arang aktif cangkang sawit (Elaeis Guineensis Jacg) lebih baik dari pada arang aktif tempurung kelapa dan kayu. Dengan kemampuan penyerapan tersebut maka dimanfaatkanlah arang aktif cangkang sawit sebagai produk pasta gigi untuk menjaga gusi dan mulut bagi pecandu nikotin (perokok). Dimana nikotin dapat merusak lapisan tulang dan jaringan pada gigi sehingga mengakibatkan gigi berwarna kuning.

Berdasarkan hal diatas, maka tim peneliti Dosen Universitas Jambi (Unja) mengadakan penelitian bersama dengan melibatkan Mahasiswa yang diketuai oleh Dr. Syamsurizal, M.Si yang beranggotakan Uce Lestari, M.Farm, Apt dengan tenaga teknis Nurhasanah (Mahasiswa Farmasi). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas sediaan pasta gigi sebagai pemutih gigi dan untuk mengetahui sediaan pasta gigi yang memiliki sifat fisik yang paling baik serta stabil selama penyimpanan. Arang aktif cangkang sawit yang digunakan pada formulasi sediaan pasta gigi masing-masing dengan konsentrasi 12,5 persen dengan konsentrasi basis carbomer 934 dan tween 80 yang berbeda. Adapun evaluasi sifat fisik pasta gigi meliputi uji organoleptis, homogenitas, pengukuran pH, viskositas, sifat alir, daya sebar, tinggi busa, uji cycling test, uji hedonik, uji iritasi serta uji efektifitas pemutih gigi.

Data yang dihasilkan secara deskriptif menyatakan, bahwa pasta gigi yang memiliki sifat fisik yang lebih baik dan stabil selama penyimpanan adalah formula 2 dengan basis carbomer 934 sebesar 1 persen dan tween 80 sebesar 2 persen. Semua formula pasta gigi memiliki efektifitas memutihkan gigi yang terkontaminasi oleh nikotin dengan tingkat keputihan 7 (warna c2 putih keabu-abuan).

 

 


Penulis: Uce Lestari, M.Farm, Apt
Editor: BENI MURDANI
Sumber: eNewsTimE.co

Tagar:

# JAMBI

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement