Introduksi Teknologi Kosmetika dengan Bahan Baku Arang Aktif Cangkang Sawit

Sebagai Perawatan Kulit Wajah di Paguyuban PT. SNP


Rabu, 29 Agustus 2018 | 22:26:44 WIB



Uce Lestari, M. Farm, Apt saat sosialisasi teknologi kosmetika yang berbahan baku arang aktif cangkang sawit
Uce Lestari, M. Farm, Apt saat sosialisasi teknologi kosmetika yang berbahan baku arang aktif cangkang sawit ISTIMEWA/NT

Advertisement


Advertisement

eNewsTimE.co - Dahulu cangkang sawit disekitar Pabrik Minyak Sawit (PKS) mentah PT. Sumbertama Nusa Pertiwi (SNP) hanya dianggap sebagai limbah yang tidak bermanfaat, dimana cangkang sawit hanya terbuang dan digunakan sebagai pengeras jalan menuju pabrik. Saat ini cangkang sawit yang dahulu dianggap limbah telah memiliki nilai jual yang tinggi untuk digunakan sebagai bioenergi, tetapi dalam penggunaannya sebagai arang aktif cangkang sawit belum ada dimanfaatkan. Hal ini karena arang tersebut hanya dianggap sebagai bongkahan hitam yang kotor sebagai bahan bakar saja. Dengan perkembangan teknologi yang canggih saat ini ternyata arang cangkang sawit yang telah diaktifkan dapat memberikan nilai jual yang tinggi bagi Ibu Paguyuban di PT. SNP untuk membuka industri produk kosmetik yang berbahan baku arang aktif cangkang sawit ataupun membuat produk kosmetik sendiri secara tradisional seperti masker anti jerawat, masker gel peel off untuk mengangkat komedo, bedak tabur deodorant pemutih ketiak dan penyerap keringat berlebih, sabun padat ataupun sabun cair untuk pemakaian sendiri.

Berdasarkan hal diatas maka tim Pengabdian Pada Masyarakat (PPM )yang didanai oleh dana PNBP LPPM Universitas Jambi yang diketuai oleh Dr. Intan Lestari, M.Si dan beranggotakan Dr. Diah Riski Gusti, M.Si dan Uce Lestari, M. Farm, Apt. Pada hari Selasa tanggal 28 Agustus 2018 mengadakan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk sosialisasi teknologi kosmetika yang berbahan baku arang aktif cangkang sawit, demonstrasi proses pembuatan produk kosmetik secara tradisional seperti masker, bedak tabur deodorant, sabun padat dan sabut cair serta test uji kelembaban kulit dengan menggunakan alat skin analyzer.

Melihat kemampuan arang aktif cangkang sawit yang dapat menarik kotoran didalam pori-pori kulit sehingga kulit wajah nampak bersih dan kencang, hal ini disebab kan karena karbon mengandung oksigen didalamnya. Berdasarkan hal demikian Ibu Paguyuban PT. SNP yang hadir pada sosialisasi sebanyak 35 orang sangat antusias dan tertarik untuk membuat produk kosmetik berbahan baku arang aktif cangkang sawit yang untuk pemakaian sendiri terlebih dahulu. Untuk kedepannya nti mereka ingin membuka usaha rumah tangga produk kosmetik dengan bahan baku arang aktif dengan maksud untuk menambah nilai ekonomis.

 

 


Penulis: Uce Lestari, M. Farm, Apt
Editor: BENI MURDANI
Sumber: eNewsTimE.co

Tagar:

# JAMBI

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement