Perpekindo Giring Investor Masuk Ke Tanjabtim

Bupati Romi MoU Dengan PT. Lestari Kelapa Murni


Rabu, 02 Mei 2018 | 07:53:00 WIB



Pertemuan Pemkab Tanjabtim dengan PT. Lestari Kelapa Murni dan Perpekindo
Pertemuan Pemkab Tanjabtim dengan PT. Lestari Kelapa Murni dan Perpekindo

Advertisement


Advertisement

MUARASABAK, eNewsTime.co - Perhimpunan Petani Kelapa Indonesia (Perpekindo) giring investor masuk Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), untuk berinvestasi di bidang perkebuanan. Hal itu terlihat saat pelaksanaan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemerintah Kabupaten Tanjabtim bersama PT. Lestari Kelapa Murni, Rabu (2/5) kemarin. 

Dalam pertemuan Bupati Tanjabtim beserta Forkompinda bersama Perpekindo dan pihak PT. Lestari Kelapa Murni membahas tentang Study potensi perkebunan kelapa yang akan diolah oleh perusahaan. Rencananya, pembangunan pabrik kelapa dalam tersebut, berlokasi di Kecamatan Kuala Jambi

Bupati Tanjabtim, H. Romi Hatiyanto berharap niat perusahaan untuk berinvestasi di Kabupaten Tanjabtim jangan sampai sebatas seremonial belaka. Beri jaminan bahwa dalam kerjasama ini dapat saling menguntungkan antara perusahaan dan masyarakat Tanjabtim. "Saya mintak pola 30-70 perlu dievaluasi kembali," tegas Romi.

Dalam hal ini, Pemerintah Daerah akan memberikan kemudahan bagi investor untuk berinvestasi di Bumi Sepucuk nipah serumpun nibung, dan jaminan keamanan berinvestasi. "Insya Allah Bupati, Wakil Bupati, Sekda maupun OPD terkait tidak ada minta duit ini itu, saya pastikan itu. Murni ini untuk kepentingan masyarakat, jadi tolong masyarakat kami perhatikan dengan baik," tegasnya lagi. 

Intinya, sambung Romi, sama-sama bangun, laksanakan inti dalam perjanjian itu. Mari sama-sama saling menguntungkan, jangan perusahaan saja yang untung, petani pun juga harus sejahtera. "Saya minta petani dijadikan garda terdepan," paparnya.

Direktur PT. Lestari Kelapa Murni, Librata menyampaikan, bahwa pihaknya benar-benar ingin berinvestasi di Kabupaten Tanjabtim dengan akan membangun pabrik disini untuk mengolah kelapa dalam hasil dari para petani. Dimana dalam pendirian pabrik itu, pihaknya sangat membutuhkan lahan minimal seluas 100 hektar. "Pola kerjasama yang akan kami tawarkan 30-70. Pemerintah minta untuk dievaluasi kembali pola kemitraan 30-70 tersebut," katanya.

"Masalah tenaga kerja, kami akan utamakan masyarakat dan pemuda Kabupaten Tanjabtim. Artinya, nanti kami membutuhkan mitra kontraktor juga, seperti membuka lahan dan membangun pabrik. Kalau untuk tenaga tekhnis mungkin kami memakai jasa luar. Namun jika ada masyarakat atau pemuda Kabupaten Tanjabtim yang mampu dibidang ahli apa salahnya kita rekrut juga ," Terangnya.

Sekretaris DPP Perpekindo Pusat, M. Darwis menuturkan, bahwa Perpekindo merupakan suatu wadah yang menjadi fasilitator antara PT. Lestari Kelapa Murni selaku investor dengan Pemerintah Kabupaten Tanjabtim sebagai tuan rumah. Dimana tujuannya jelas, untuk memperjuangkan nasib petani kelapa dalam di Bumi Sepucuk Nipah Serumpun Nibung ini. "Kita tau dan bahkan merasakan apa yang disarakan oleh petani kelapa dalam, karena kita juga petani. Kita inginkan kehidupan petani kelapa dalam ini meningkat sejajar dengan perkembangan,” tutur Pemuda Tanjabtim itu.

Sementara, Sekretaris DPW Perpekindo Provinsi Jambi, Sudirman menyampaikan, dengan terjalinnya kerja sama antara perusahaan dengan pemerintah dan masyarakat, maka dia berharap petani kelapa dalam di Kabupaten Tanjabtim Insya Allah akan sejahtera. "Dengan adanya perusahaan, otomatis harga kelapa petani dapat meningkat tajam, karena bisa menjual langsung ke pabrik yang tersedia disini nantinya ,” ungkapnya.

Terpisah, salah satu pemuda Tanjabtim, Oki Zulkifli sangat mengapresiasi kerjasama antara Pemkab Tanjabtim dengan perusahaan PT. Lestari Kelapa Murni atas rencana pembangunan pabrik pengolahan kelapa dalam di Kecamatan Kuala Jambi. "Ada yang harus diperhatikan, perekrutan tenaga kerja harus diprioritaskan masyarakat Kabupaten Tanjabtim sesuai dengan Sumber Daya Manusia (SDM) dan sesuai dengan Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tanjabtim "MERAKYAT".  "Dimana salah satu poinnya meningkatkan ekonomi dan membuka lapangan kerja bagi masyara


Penulis: Akhmad.SF
Editor: Maulana
Sumber: eNewsTime.co

Tagar:

# MUARASABAK

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement