Puluhan Hektar Sawah Terancam Fuso



Rabu, 17 Januari 2018 | 11:10:26 WIB



Padi yang rusak
Padi yang rusak

Advertisement


Advertisement

KERINCI,eNewsTimE.co - Musim hujan membuat air Danau Kerincib meluap. Hal ini berdampak kepada puluhan hektar sawah yang berada di sekeliling Danau Kerinci. Salah satunya di Desa Ujung Pasir, Kecamatan Danau Kerinci, rawan fuso atau gagal panen. Kejadian ini bahkan terjadi hampir tiga kali dalam satu tahun. "Kalau sudah hujan beberapa hari air Danau naik, hingga sawah warga terendam banjir," ujar Ina, salah seorang warga Ujung Pasir.
 
Akibat kondisi ini, karena terlalu tergenang air, membuat sawah terjadi Fuso. Kejadian itu terjadi setiap tahunnya. "1 Tahun hampir 3 sampai 4 kali terendam, wajar hingga terjadi fuso," katanya.  Meskipun setiap tahun mengalami kondisi seperti itu, namun warga Ujung Pasir tetap terus menanam padi. "Mau tidak mau, karena kami mengandalkan beras hanya dari hasil sawah itu," sebutnya.
 
Dirinya berharap, agar Pemerintah Daerah Kabupaten Kerinci setiap tahunnya, untuk menyediakan bantuan untuk sawah warga yang mengalami gagal panen. Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Kerinci, Radium Halis, telah mencari solusi untuk para petani di Dua Kecamatan yang sawahnya rawan terendam banjir tersebut. "Solusinya, dengan program Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP)," kata Radium Halis.

Penulis: Averman
Editor: Lia
Sumber: eNewsTimE.co

Tagar:

# KERINCI

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement