Wagub Fachrori Buka Festival Sike Rabana dan Seruling Bambu Kerinci

Himbau Perantau Asal Kerinci Turut Membangun Kampung Halaman


Selasa, 07 November 2017 | 17:58:52 WIB



Wagub Jambi Fachrori Umar dan Bupati Kerinci Adirozal beserta Isteri
Wagub Jambi Fachrori Umar dan Bupati Kerinci Adirozal beserta Isteri AVERMAN DEKA/NT

Advertisement


Advertisement

KERINCI, eNewsTimE.co - Wakil Gubernur (Wagub) Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum mengimbau para putra putri asal Kerinci yang merantau ke daerah lain untuk turut membangun kampung halamannya, Kerinci. Imbauan tersebut dikemukakan oleh Wagub dalam Pembukaan Festival Sike Rabana dan Seruling Bambu dalam rangka Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-59 Kabupaten Kerinci, bertempat di pentas terbuka di tepi Danau Kerinci, Selasa (07/11/2017).

Festival Sike Rabana dan Seruling Bambu tersebut dibuka oleh Wagub, didampingi oleh Wakil Ketua TP PKK Provinsi Jambi, Hj.Rohima Fachrori Umar serta Bupati Kerinci, Dr.H.Adi Rozal,M.Si beserta Ketua TP-PKK Kabupaten Kerinci, Hj.Nailil Husna.

Wagub menyampaikan, dalam rangka meningkatkan kunjungan wisata di Kabupaten Kerinci , sangat diperlukan kebersamaan dan kekompakan dari masyarakat menjaga keamanan agar para wisata dapat berkunjung lebih banyak lagi di Kabupaten Kerinci. "Mari kita jaga kebersamaan dan kekompakan agar Kerinci lebih maju dan cepat dikenal di nasional dan internasional," kata Wagub.

Wagub mengatakan, berbagai festival seni dan budaya merupakan bagian dari daya tarik terhadap kunjungan wisata, serta berharap agar berbagai upaya dan even yang dilaksanakan di Kerinci bisa secara signifikan menambah kunjungan wisata ke Kerinci. "Budaya lokal mempunyai peranan yang penting dalam memperkokoh seni dan tradisi suatu daerah, apalagi Kabupaten Kerinci memiliki banyak seni dan tradisi yang perlu dipertahankan dan dikembangkan" ujar Wagub. “Saya mengimbau para perantau asal Kerinci yang berada di mana saja, untuk sering-seringlah pulang melihat kampung halaman dan sanak saudara, serta turut membangun Kerinci. Banyak sudah perubahan yang dilakukan dalam peningkatan infrastruktur, baik jalan juga bandara. Tadi saya merasa nyaman di pesawat,' imbuhnya.

Sebelumnya, Bupati Kerinci, H. Adi Rozal menjelaskan Kabupaten Kerinci mempunyai banyak kesenian dari masing-masing desa serta mengimbau masyarakat untuk melestarikan tradisi budaya dan seni asli daerah.

Bupati berpesan kepada para peserta Sike Rabana dan Suling Bambu untuk bersama-sama mengaktifkan semua kesenian daerah, terlebih Kerinci sudah menjadi branding wisata di Provinsi Jambi. “Untuk penyemangat, selain hadiah menarik lainya, bupati juga memberi hadiah langsung berupa uang Rp10juta untuk pembinaan.

Usai Pembukaan Festival Sike Rabana dan Suling Bambu, Wagub, Bupati Kerinci dan rombongan menuju Desa Telago Pulau Tengah Kecamatan Keliling Danau guna melihat kondisi jalan yang rusak yang digenangi air.

Wagub menerangkan bahwa akan diupayakan perbaikan jalan tersebut. “Kita telah panggil Dinas PUPR untuk segera memberbaiki sebelum melebar dan merusak jalan lain. Ada beberapa titik jalan Provinsi yang sedang dikerjakan di Kabupaten Kerinci, jalan Sanggaran Agung sepanjang 8,677Km, Jujun sepanjang 13,795 Km, dan Lempur sepanjang 22,472 Km, Kelok Sago-Sanggaran Agung panjang 21,150 Km, dengan anggaran yang telah dialokasikan tahun 2017, Jujun Lempur senilai Rp14 miliar, Jujun-Sungai Penuh Rp27 miliar," tutur Wagub.

                                       

 


Penulis: AVERMAN DEKA
Editor: MAULANA
Sumber: eNewsTimE.co

Advertisement
Advertisement
Advertisement