Duhhhh.....Swasembada Pangan di Tanjabtim Belum Tercapai



Minggu, 27 Agustus 2017 | 22:19:27 WIB



HUSNI RAHMAN
HUSNI RAHMAN DOK/eNewsTimE.co

Advertisement


Advertisement

MUARASABAK, eNewsTimE.co -Program pemerintah untuk mencukupi swasembada pangan khusunya di Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) untuk bulan April-September (Asep) 2017, belum mencapai 100 persen. Bahkan sampai saat ini program Asep masih kurang 1000 hektar.

Peltu Kepala Dinas Pertanian Tanjabtim, Husni Rahman mengatakan, program pemerintah saat tanam padi pada bulan Asep memiliki program Gertak Tanpa Dusta, yang dalam hal ini Pemerintah Daerah sendiri masih optimis jika sampai akhir bulan September program tersebut bisa terpenuhi. ‘’Program Gertak Tanpa Dusta pada bulan April-September itu memang masih kurang 1000 hektar lagi dari target,’’ katanya, kemarin.

Dikatakannya, karena memiliki program Gertak Tanpa Dusta ini pihaknya tetap optimis, seraya menggenjot musim penanaman di kelompok tani. Apalagi saat ini telah memasuki musim tanam. ‘’Seperti Kecamatan Geragai, Nipah Panjang, Berbak dan Rantau Rasau, saat ini petani tengah melakukan penanaman padi,’’ ujarnya.

Dijelaskannya, ada beberapa faktor yang memang mengakibatkan keterlambatan pada musim Asep. Hal ini dikarenakan beberapa waktu lalu sempat terjadi kekeringan dan bahir yang mengakibatkan mundurnya musim Asep. ‘’Banyak faktor salah satunya terjadinya pergeseran musim,’’ jelasnya.

 

Sedangkan untuk musim Oktober-Maret (Okmar) menjadi musim tanam besar bagi petani di wilayah Tanjabtim. Selain itu, pada musim Okmar tersebut tentunya Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat saling bahu membahu membantu para petani. ‘’Inikan program strategis pusat dan daerah, jadi pada musim Okma ini pemerintah akan dukung penuh,’’ tukasnya.


Penulis: MAULANA
Editor: MAULANA
Sumber: eNewsTimE.co

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement