Hardiknas, Bupati Romi Minta Tingkatkan SDM Guru

Kadiknas Ferri: Akan Segera Menseleksi Guru-Guru


Selasa, 02 Mei 2017 | 15:10:46 WIB



Bupati Tanjabtim Romi Hariyanto, SE bersama Kepala Diknas Ferri Marjoni saat kunjungan ke sekolah
Bupati Tanjabtim Romi Hariyanto, SE bersama Kepala Diknas Ferri Marjoni saat kunjungan ke sekolah Documen eNewsTimE.co

Advertisement


Advertisement

MUARASABAK,eNewsTimE.co—Bupati Tanjab Timur H Romi Hariyanto, menegaskan kepada Kepala Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Kabupaten Tanjab Timur untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) bagi semua guru. Hal ini disampaikan bupati ketika melakukan lawatan safari ke sekolah-sekolah dalam rangka Hardiknas pada Selasa (2/5).

Menurutnya, salah satu cara untuk membenahi sistem pendidikan di daerah Tanjab Timur, adalah melalui peningkatan SDM bagi semua guru. Dalam lawatannya itu, dia juga menyoroti masih minimnya sarana dan prasarana untuk menunjang peningkatan kualitas dan wawasan bagi siswa, dan  kompetensi guru dan metode pembelajaran yang diterapkan saat ini.

Menurut dia, kongkretnya masalah yang dihadapi pendidikan di Tanjabtim harus dijawab dengan upaya konkrit pula. Salah satu yang akan menjadi terobosan, adalah peningkatan kualitas SDM guru secara cepat.

Romi menginstruksi langsung kepada kepala Dinas Pendidikan agar segera menyiapkan 22 guru matematika dan bahasa Inggris yang mewakili 11 kecamatan. Romi akan mengirim mereka ke Jakarta untuk mengikuti beberapa program singkat matematika dan bahasa Inggris.

Saat ini Romi sedang menjajaki kerjasama dengan sejumlah lembaga pengembangan metode berbasis bidang studi matematika dan bahasa Inggris. Dengan metode terobosan tersebut diharapkan kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah - sekolah akan berevolusi. "Paling tidak, kita ingin menghadirkan paradigma baru bahwa belajar matematika dan bahasa Inggris tidak lagi menakutkan tapi akan sangat menyenangkan. Dengan begitu semangat para siswa untuk mata pelajaran lain turut meningkat,"sebut bupati.

Romi berpendapat, kedua bidang studi tersebut selama ini sering dianggap momok bagi siswa. Padahal, katanya, di luaran sana sangat banyak lembaga - lembaga pendidikan non formal yang mengembangkan terobosan untuk mempermudah pemahaman siswa tentang Matematika dan bahasa Inggris. "Intinya kita ingin segera membenahi dua bidang studi ini dahulu. Kita ingin ini dikebut, mohon doanya,"tandas Romi.

Sementara itu, kepala Diknas Tanjabtim Ferri Marjoni menyambut baik gagasan tersebut. "Kita siap melaksanakan perintah pak bupati. Kita akan segera seleksi guru perkecamatan untuk mendukung gagasan itu. Kita akan siasati agar saat dikirim ke Jakarta tidak mengganggu jadwal KBM yang sudah ada,"jelas Ferri

 


Penulis: Maulana/Muara Sabak
Editor: Nurdin Manessa
Sumber: eNewsTimE.co

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement