Antisipasi Gangguan Listrik, PLN Siapkan Genset



Senin, 10 April 2017 | 17:13:20 WIB



Tampak Jenset yang disiapkan pihak PLN
Tampak Jenset yang disiapkan pihak PLN Rita

Advertisement


Advertisement

KUALATUNGKAL,EnewsTimE.co - Antisipasi terjadinya listik mati pada pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) yang dimulai Senin (10/4) kemarin, pihak sekolah dan PLN berinisiatif menyiapkan mesin genset.

"Itu upaya kita. Jadi kami Kepala Sekolah bermitra dengan PLN untuk mengantisipasi kejanggalan yang timbul. Karena daya atau kemampuan listrik kita terbatas atau bisa terjadi mati. Kita tidak tahu suatu saat pohon tumbang dan listrik mati," ungkap Khairil Anam S.Pd, Ketua Panitia UNBK SMA Negeri 1 Kuala Tungkal pada media ini,  Senin (10/4) kemarin.

Disinggung kemampuan Genset untuk melayani kebutuhan listrik ratusan komputer peserta UNBK ? Kahiri Anam menyebutkan, melihat dari Genset yang digunakan merasa tidak akan ada kendala.
"Kita tetap menggunakan Genset dari awal hingga akhir. Dan juga faktor pendukung lainnya, selain mesin kita juga menyiapkan teknisi dari PLN sendiri. Dengan harapan bisa meminimalisir kemungkinan kejanggalan yang terjadi," sebutnya singkat.

Sementara itu, Kepala PLN Rayon Kuala Tungkal, Arham Ginting membenarkan perihal pengadaan Genset untuk pelaksanaan UNBK. "Benar itu genset kita. Dan untuk bahan bakar yang digunakan itu ditanggung pihak sekolah," beber Arham.

Untuk kapasitas Genset sendiri 40 KVA, dan untuk operasional genset sendiri melihat kondisi dilapangan. "Operasinya kita melihat kondisi. Kalau kita kuatir seperti musim hujan, kita operasionalkan gensetnya. Kalau kondisinya tenang kita alihkan ke PLN," sebutnya.

"Intinya saat pelaksanaan UNBK kita Back-up lah. Jangan sampai ada kendala. Termasuk kita stand by kan juga teknisinya disana," tambahnya.

Sebelum UNBK dilaksanakan pihak penyelanggara dan PLN sudah saling berkoordinasi. "Yang kita konsultasikan itu resikonya apa saja. Juga dengan pihak Telkom untuk bagian Internetnya. Makanya kita antisipasi itu hingga selesai pelaksanaan UNBK hingga tingkat SMP mendatang," tukasnya.


Penulis: Rita Gunawan
Editor: Lia



Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement