Hewan Ternak Dievakuasi Akibat Banjir di Berbak



Kamis, 23 Maret 2017 | 03:13:38 WIB



ILUSTRASI
ILUSTRASI NET

Advertisement


Advertisement

MUARASABAK, eNewsTimE.co - Akibat banjir yang melanda wilayah Desa Bandar Jaya, Kecamatan Berbak, Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), saat ini ternak mulai dievakuasi. Pasalnya, banjir sudah mulai memasuki kandang ternak.  

Salah seorang peternak di Desa Bandar Jaya, Samsuri mengaku, akibat banjir yang terjadi di Kecamatan Berbak ini, puluhan hewan ternak sudah mulai di evakuasi ketempat yang dataran lebih tinggi. ‘’Banjir sudah mulai tinggi dan kami sudah mulai mengevakuasi hewan ternak, seperti sapi,’’ ungkapnya, Rabu (22/3). 

Menanggapi hal ini, Dinas Peternakan Kabupaten Tanjabtim melalui Pukeswan, Rohani mengatakan, Bidang Peternakan sudah mengantisipasi akibat banjir yang terjadi di daerah Puding dan Simpang Gelis. ‘’Dan pada saat ini cuma satu ekor yang tumbang tapi sudah bisa diselamatkan. Ada 53 ekor yang ada di Kampung Puding. Kemarin akibat banjir ada satu ekor sapi hampir tumbang, dan Alhamdulillah sudah terselamatkan diberi dengan vitamin dan sekarang sudah bisa berjalan,’’ sebutnya.

Untuk banjir sendiri, sudah sampai ke kandang ternak sampai 20 cm dan Dinas Peternakan sudah bekerja untuk mengevakuasi dan memberikan langkah selanjutnya untuk menyelamatkan hewan ternak dan jangan sampai masyarakat rugi akibat bencana dan ini harus cepat diungsikan. 

Dampak dari banjir ini sendiri bagi hewan ternak adalah kekurangan asupan makanan seperti rumputan yang sudah terendam. Akibatnya, ternak akan menjadi lemas. Dan langkah yang diambil dari dinas yaitu memberikan vitamin. ‘’Kami berusaha memberikan vitamin kepada ternak,’’ jelasnya. 

Harapan kedepan untuk para peternak terutama peternak pemula, agar bisa mengantisipasi lebih dini terhadap segala sesuatu. Apalagi daerah Desa Bandar Jaya terkenal dengan langganan banjir. ‘’Seperti membuat kandang ternak dengan tinggi dan bisa menggunakan tiang untuk antisipasi banjir,’’ tukasnya.


Penulis: MAULANA
Editor: LIA
Sumber: eNewsTimE.co

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement