Horeee...!! Pabrik Sawit Telah Hadir

Genjot Laju Pertumbuhan Ekonomi Tanjab Timur


Rabu, 15 Maret 2017 | 16:35:26 WIB



Gubernur Jambi Zumi Zola didampingi Bupati Tanjabtim Romi Hariyanto saat meresmikan pabrik sawit PT ATGA
Gubernur Jambi Zumi Zola didampingi Bupati Tanjabtim Romi Hariyanto saat meresmikan pabrik sawit PT ATGA

Advertisement


Advertisement

MUARA SABAK, eNewsTimE.co-Untuk mendongkrak laju pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Tanjab Timur, pemerintah setempat terus membuka diri dan menjalin kemitraan  kepada kalangan investor (pengusaha). Respon positifpun disambut kalangan investor. Terbukti hari ini rabu (15/3), sebuah pabrik pengelohan sawit dengan bendera PT. Agro Tumbuh Gemilang Abadi (ATGA) resmi beroperasi setelah diresmikan Gubernur Jambi, H Zumi Zola Zulkifli dengan didampingi Bupati Tanjab Timur H Romi Hariyanto.

Pabrik berkapasitas 45 ton perjam itu adalah pabrik sawit pertama berdiri di Bumi Sepucuk Nipah Serumpun Nibung, dan berada di Desa Teluk Dawan, Kecamatan Muara Sabak Barat, Kabupaten Tanjab Timur. Diperesmian kemarin, Zumi Zola menyampaian beberapa hal penting terkait perkebunan sawit. Diantaranya, dia memintak perusahaan harus mengikuti surat edaran terkait harga TBS plasma maupun non plasma yang sudah disepakati. Selain itu, perusahaan harus mempekerjakan tenaga-tenaga lokal hingga kewajiban lain perusahaan yang muaranya untuk kesejahteraan masyarakat di Tanjab Timur, pada khusus, dan umumnya pada masyarakat luas.

Untuk itu, harapan Gubernur,  agar perusahaan terus menjaga sinergitas dengan masyarakat dan Pemerintah. Pemerintah terus memberikan kemudahan bagi pihak swasta untuk berinvestasi di Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah. Namun tetap mematuhi aturan yang berlaku.“ Pemerintah sifatnya memfasilitasi selama sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan,” tegas Zola.

Dalam kesempatan ini juga Zumi Zola mengingatkan kepada perusahaan untuk menjaga dan memelihara jalan desa. Pasalnya kondisi  tanah di Tanjung Jabung Timur 90 persen tanah rawa yang mudah rusak, karena tanahnya sangat labil. “ Di ingatkan bahwa jalan dengan kapasitas 8 ton saat ini jangan sampai dilintasi truk angkutan berkapasitas melebihi tonase,” ujar Zola.

Sri Mulyanto, pimpinan PKS PT. Agro Tumbuh Gemilang Abadi (ATGA) kepada jurnalis eNewsTimE.co menyebutkan kalau dia meyakinkan, bahwa 60 persen tenaga kerja di perusahaan ATGA,  merupakan warga lokal dan ditempatkan di berbagai posisi dan bidang nya masing-masing.

Pabrik dengan nilai investasi mencapai Rp. 100 miliar ini dikerjakan selama 3 tahun lebih dengan kapasitas 45 ton perjam. “ Harapan terbesar, yakni dapat mempermudah akses warga menjual hasil bumi terutama kelapa sawit dan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat Tanjung Jabung Timur,” kata Mulyanto.

Sementara itu,  Bupati  Tanjab Timur H Romi Hariyanto,  mengatakan, adanya pabrik pengolahan kelapa sawit ini hal yang sudah lama ditunggu masyarakat Tanjabtim.“ Ini sebenarnya program Pak Zumi Zola sewaktu beliau menjabat sebagai Bupati disini dan kami hanya meneruskan. Semoga kehadiran pabrik berdampak besar terhadap laju pertumbuhan ekonomi Tanjab Timur,” kata Romi.


Penulis: LANA
Editor: NURDIN MANESSA
Sumber: eNewsTimE.co

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement