2017, Tanjabtim Targetkan 45 BUMDes

Syafaruddin : Dana Desa Meningkat, Kesejahteraan Warga juga Harus Meningkat


Jumat, 10 Februari 2017 | 14:14:45 WIB



Syafaruddin
Syafaruddin DOK/NT

Advertisement


Advertisement

MUARASABAK, eNewsTimE.co - Pemkab Tanjabtim menargetkan pada tahun 2017 ini minimal sudah terbentuk 45 Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kabupaten Tanjabtim. Saat ini, dari 73 Desa yang ada di Kabupaten Tanjabtim, baru terbentuk sebanyak 13 BUMDes, dan sudah berjalan. ‘’Paling tidak, di tahun 2017 ini sudah ada terbentuk 45 BUMDes di Desa-Desa,’’ ujar Peltu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tanjabtim, Syafaruddin, Kamis (9/2) kemarin.

Pembentukan BUMDes ini sejalan dengan Dana Desa (DD) yang digelontorkan Pemerintah Pusat pada tahun anggaran 2017 ini mengalami peningkatan secara global, yaitu mencapai hampir 100 persen untuk 73 Desa di Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim). ‘’Dengan meningkatnya Dana Desa, harusnya ada perubahan yang sangat menentukan kesejahteraan masyarakat. Karena itu penggunaan dan perencanaan dalam membangun, harus sesuai aturan,’’ ucap Syafaruddin.

Dana Desa pada tahun 2016 Kabupaten Tanjabtim mendapatkan kurang lebih Rp. 34 milyar, pada tahun 2017 mendapatkan Rp. 60 milyar. ‘’Untuk Alokasi Dana Desa (ADD) yang bersumber dari APBD Kabupaten Tanjabtim Tahun 2017 ini, sudah sesuai dengan amanat Undang-Undang 10 persen disisikan ke Dana Desa. Kita sudah menjalankan itu, untuk mengetaskan kemiskinan di Tanjabtim,’’ jelasnya.

Bagi 73 Desa di Kabupaten Tanjabtim diharapkan, menjalankan Dana Desa sudah sesuai dengan aturan yang sudah ada. ‘’Karena itu sesuai dengan keinginan pak Bupati mengetaskan kemiskinan,’’ terang Syafaruddin.


Penulis: MAULANA
Editor: BENI MURDANI

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement