Tanjabtim Dapat Bantuan Hand Tractor 24 Unit



Rabu, 22 Februari 2017 | 23:00:44 WIB



Hand Tractor bantuan dari Kementerian Pertanian untuk petani Kabupaten Tanjabtim.JPG
Hand Tractor bantuan dari Kementerian Pertanian untuk petani Kabupaten Tanjabtim.JPG AKHMAD/NT

Advertisement


Advertisement

MUARASABAK, eNewsTimE.co - Demi meningkatkan produksi pangan, Kementerian Pertanian memberikan bantuan alsintan berupa Hand Tractor untuk para petani di Kabupaten Tanjabtim sebanyak 24 unit. Dimana bantuan itu akan segera didistribusikan kepada 24 Kelompok yang terdapat di enam Kecamatan dalam lingkup Kabupaten Tanjabtim. ‘’Bantuan Hand Tractor ini memiliki tiga jenis, yaitu jenis Zen G3000, Rotari atau Quick Zena Rotari dan Cultivatory atau Quick GX200. Semua bantuan itu bermerk Quick,’’ ungkap Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Tanjabtim, Akhmad Maushul melalui Kabid Sarpras, Erdison, Rabu (22/2).

Dia menjelaskan, dimana tiga jenis alsintan itu mememiliki daya fungsi yang berbeda, seperti jenis Zen G3000 memiliki fungsi untuk membalikan tanah. Lalu jenis Rotari itu berfungsi untuk singkal dan pengemburan tanah. Sedangkan jenis Cultivatory itu berfungsi untuk pemetaan atau pembentukan lahan. ‘’Bantuan alsintan ini nantinya akan diserahkan terhadap 24 kelompok tani yang terdapat di Enam Kecamatan, yaitu Kecamatan Nipah Panjang, Berbak, Dendang, Muarasabak Timur, Geragai dan Kecamatan Muarasabak Barat. Dan ini didapatkan berdasarkan pengajuan kelompok tani yang kita teruskan kekementerian pertanian,’’ terangnya.

Dia menyebutkan, dikarenakan pos anggaran untuk pendistribusian alsintan itu tidak tersedia di Dinas Pertanian Kabupaten, maka diharapkan kelompok tani yang melakukan penjemputan terhadap bantuan tersebut secara langsung ke Kabupaten. Namun bila terdapat kelompok tani yang tidak bersedia mengambilnya dikarenakan faktor biaya, dengan begitu setelah berita acara alsintan itu dapat dilimpahkan terhadap kelompok tani lainnya yang membutuhkan. ‘’Karena anggaran kita minim dan telah diplot, dengan begitu kita tidak dapat mengeposkan anggaran untuk pendistribusian secara langsung ke kelompok tani tersebut. Sementara pendistribusian dari pemerintah pusatpun, titik baginya hanya di Kabupaten saja,’’ tandasnya.


Penulis: AKHMAD. SF
Editor: LIA
Sumber: eNewsTimE.co

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement