Perpustakaan Tanjabtim Adakan Lomba Bercerita Rakyat Jambi



Selasa, 09 November 2021 | 16:33:46 WIB



Pembukaan Perlombaan Bercerita Rakyat Jambi.
Pembukaan Perlombaan Bercerita Rakyat Jambi.

Advertisement


Advertisement

Muara Sabak,eNewsTimE.co - Dalam mengangkat dan mempopulerkan buku cerita budaya Daerah, Dinas Perpustakaan dan kearsipan Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjab Timur) mengadakan perlombaan bercerita Rakyat Jambi tingkat Kabupaten bagi Sekolah Dasar sederajat dalam lingkup Tanjabtim, yang berlangsung di Gedung Perpustakaan, Selasa (9/11/21) Pagi. 

Perlombaan yang di gelar satu hari itu, diikuti oleh 11 peserta dari perwakilan Kecamatan Masing - masing. Dengan mengangkat tema, Menumbuh kembangkan kegemaran membaca dan kecintaan terhadap budaya lokal dalam upaya membangun karakter, kecerdasan, dan inovasi menuju Tanjung Jabung Timur Merakyat. 

Kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Tanjab Timur Drs. Arman dalam kesempatan itu menyampaikan pada hakikatnya minat baca merupakan suatu fitrah bawaan manusia sejak lahir. Akan tetapi, fitrah tersebut dapat berkembang apabila dibina dan dikembangkan mulai dari lingkungan keluarga, Sekolah maupun lingkungan sosial lainnya. Maka itu, Perpustakaan merupakan tempat yang sangat baik dalam mendukung pengembangan minat baca.  " Kegiatan lomba bercerita ini merupakan salah satu program rutin Perpustakaan setiap tahunnya, dalam upaya mengembangkan minat baca ," Paparnya.

Yang mana, katanya, Kegiatan itu bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan dan gemar membaca, khususnya dikalangan Siswa dan Siswi di Bumi Sepucuk Nipah Serumpun Nibung ini, untuk mengangkat dan mempopulerkan buku - buku cerita budaya Daerah yang mengandung nilai - nilai kehidupan yang baik serta membangun karakter bangsa. " Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan pemahaman baru, kreatifitas terhadap anak serta dapat menginformasikan kepada sesama ," Tuturnya.

Pentingnya perpustakaan Ini, lanjut Arman, sebagai wahana rekreasi ilmiah, yang artinya mampu memberikan perubahan intelektual yang lebih fenomenal terhadap wawasan dan pengetahuan. Perpustakaan ini tidak hanya menyediakan koleksi semata, tetapi menciptakan suasana edukatif, kreatif dan penuh inspiratif, agar para pemustaka yang datang merasa nyaman, aman dan senang serta memiliki respon yang tinggi untuk berkunjung ke Perpustakaan. " Harapan kita Masyarakat dapat menanamkan rasa cinta terhadap budaya baca, sehinga menjadi Masyarakat yang gemar membaca serta mampu mengefektifitaskan generasi muda dalam menyongsong masa depan ," Imbuhnya.

Ketua Panitia kegiatan lomba Dewi Atikah Sari, S.E menyampaikan, Kegiatan lomba bercerita ini bertujuan untuk menumbuh kembangkan minat dan kegemaran membaca serta kecintaan terhadap karya budaya bangsa. Dilain sisi untuk mengangkat dan mempopulerkan buku - buku cerita budaya daerah yang mengandung nilai- nilai kehidupan yang baik.  " Kegiatan ini juga kita mencari bibit - bibit generasi muda yang dapat menjadi panutan dalam menjalankan kebiasaan gemar membaca," Ungkapnya. 

Selain itu, dengan tampilnya Siswa - Siswi dapat mensosialisasikan cerita Daerah dalam mendukung pengembangan kekayaan khasanah budaya. " Anak - anak ini layak sebagai panutan bagi generasi muda dibidang gemar membaca 2021 ," Tuturnya.


Penulis: Akhmad SF
Editor: Muliana Sari
Sumber: eNewsTimE.co

Tagar:

# MUARASABAK

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement