Dinas Perpustakaan Motifasi Perpus Schol

Enam Perpustakaan Sekolah Dapat Penghargaan


Minggu, 01 Desember 2019 | 22:38:05 WIB



Kadis Perpustakaan Drs. Arman bersama Asisten III Asman Daydy foto bersama sang juara perpustakaan Sekolah terbaik
Kadis Perpustakaan Drs. Arman bersama Asisten III Asman Daydy foto bersama sang juara perpustakaan Sekolah terbaik

Advertisement


Advertisement

MUARASABAK, eNewstime.co- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) belum lama ini memberikan penghargaan kepada enam perpustakaan Sekolah Tingkat Pertama (SLTP) sederajat terbaik. Dimana penghargaan yang diberikan tersebut bentuk motifasi terhadap Sekolah.

Kepala Dinas Perpustakaan dan kearsip Daerah Kabupaten Tanjabtim Drs. Arman menyampaikan berkaitan erat dengan kegiatan membaca buku, budaya membaca maupun minat baca masyarakat, Berbagai upaya dilakukan oleh berbagai pihak, baik pemerintah maupun swasta untuk terus mendorong, mengembangkan dan meningkatkan  budaya dan minat membaca masyarakat, mulai dari lingkup pendidikan pra sekolah hingga perguruan tinggi. " Segala terobosan digalakan, agar pemahaman minat baca Masyarakat tumbuh kebang ," Paparnya. 

Perpustakaan sekolah itu, katanya, merupakan perpustakaan yang diselenggarakan oleh sekolah. Dimana keberadaannya untuk menunjang program belajar mengajar disekolah pada semua jenjang. Yang mana, fungsi utama perpustakaan sekolah itu ialah guna membantu tercapainya tujuan sekolah, yaitu antara lain agar siswa  siswi memiliki ilmu pengetahuan yang kukuh dan terampil penggunaannya untuk melanjutkan pendidikan ke tahap selanjutnya.  " Sekolah wajib miliki perpustakaan ," Ungkapnya.

Berdasarkan Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional Nomor 11 Tahun 2019 tentang Standar Nasional Perpustakaan Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Oleh karenanya perlu dilakukan pembinaan dan pengembangan  perpustakaan sekolah sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan Sekolah (SNP).  " Kita selalu mengupayakan supaya Perpustakaan Sekolah itu mencapai standar Nasional ," Imbuhnya. 

Adapun salah satu upaya kita, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah untuk memotivasi pengembangan perpustakaan sekolah khususnya SMP sederajat di Kabupaten Tanjabtim ini, Mengadakan lomba Perpustakaan Sekolah Terbaik Tingkat SMP Sederajat 2019. Yang mana penghargaan itu diberikan kepada sekolah yang telah melakukan pengelolaan dan pengembangan perpustakaan  dengan baik di 2019. " Juara terbaik I diraih SMPN 19. Juara ke II, SMPN 05. Untuk Juara ke III nya diperoleh oleh SMPN 12 ," terangnya. 

Yang meraih Juara I, katanya, akan mewakili Kabupaten Tanjung Jabung Timur berlomba di tingkat Provinsi Jambi hingga ke Tingkat Nasional.  " Dengan adanya perlombaan ini, diharapkan akan memotivasi dan mendorong pengembangan perpustakaan sekolah agar lebih baik lagi kedepannya ," Harapnya.


Penulis: Akhmad SF
Editor: Muliana Sari
Sumber: eNewsTimE.co

Tagar:

# MUARASABAK

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement