Dinas Perpustakaan Tanjabtim Beri Penghargaan Kepada Masyarakat Umum

Karena Aktif Berkunjung dan Meminjam Buku


Minggu, 01 Desember 2019 | 22:26:39 WIB



Foto bersama pengunjung perpustakaan terbaik
Foto bersama pengunjung perpustakaan terbaik

Advertisement


Advertisement

MUARASABAK,eNewsTimE.co - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan  Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) belum lama ini memberikan penghargaan kepada Masyarakat Umum. Dimana Masyarakat itu mendapatkan berupa sertifikat, tropi bahkan uang pembinaan. Adapun penghargaan yang mereka dapatkan itu dikarenakan aktif berkunjung dan meminjam buku di Perpustakaan Daerah tersebut. 

Jumlah kunjungan per November 2019, sudah sebanyak 15 ribu orang yang berkunjung ke Perpustakaan dan kearsipan Tajabtim yang terdapat di Kelurahan Parit Culum 1, Kecamatan Muarasabak Barat, tepatnya dekat RSUD NH dan GOR ini, pada 2019 hanya sebanyak sembilan Orang yang beruntung mendapatkan penghargaan dari Dinas Perpustakaan. Diantaranya, tiga orang Pelajar dari SMAN VIII Tanjabtim. Lalu tiga orang Mahasiswa dari STIE Al Mujaddid dan tiga orang Masyarakat Umum.

Kepala Dinas Perpustakaan dan kearsipan Tanjabtim Drs. Arman melalui Kabid Deposit Pengembangan Koleksi dan Pelestarian Bahan Pustaka, Drs Arifuddin menyampaikan guna motifasi Masyarakat agar sering berkunjung ke perpustakaan Kabupaten ini, pihaknya selalu memberikan penghargaan bagi pengunjung. Yang mana Masyarakat yang mendapatkan penghargaan itu terdapat tiga kategori, kategori umum, mahasiswa dan pelajar. Yang mana mereka inilah nantinya yang akan kembali mempromosikan dan mengajak kepada Masyarakat luas untuk dapat berkunjung ke perpustakaan. "Mari berkunjung ke Perpusda, Gratis pembuatan kartu anggota," ajaknya.

Dalam pemilihan pengunjung terbaik ini tentunya ada beberapa indikator, diantaranya sering berkunjung, pemanfaatan koleksi atau meminjam berbagai macam buku, mentaati peraturan perpustakaan serta pengetahuan dan sarannya tentang perpustakaan, terutama sekali mereka wajib sudah menjadi anggota perpustakaan tetap. "Disini mereka bisa mendapatkan informasi yang mereka butuhkan, baik itu tentang bertani dengan baik hingga motivasi lainnya," terangnya.

Adapun keterbatasan Masyarakat untuk berkunjung ke perpustakaan ini, lanjutnya, pihaknya akan mengoptimalkan pelayanan perpustakaan mobile (Perpustakaan keliling-red). Sedangkan untuk perpustakaan sekolah, diberlakukan sistem rotasi buku. Yang mana dalam tiga bulan sekali, buku yang dipinjamkan kepada sekolah akan diganti dengan buku lainnya, dikarenakan diperpustakaan ini masih terbatas. "Dalam pelayanan mobile, bukan saja mempromosikan, namun kitapun mengajak masyarakat untuk dapat berkunjung ke perpustakaan," uturnya.

Selain itu, untuk memotivasi Masyarakat agar giat berkunjung ke Perpustakaan ini, pihaknya telah menjalin kerjasama dengan Dinas Pendidikan berupa kunjungan berkelompok Siswa - Siswi dalam waktu yang sudah ditentukan anak - anak sekolah mengunjungi perpustakaan tersebut. "Peran Dinas Pendidikan juga besar terhadap kemajuan perpustakaan ini," ucapnya.

Perpustakaan ini adalah sumber informasi. Yang mana informasi yang tersedia jelas dan lengkap. Sehingga pengetahuan yang diterima ataupun yang terserap benar - benar lengkap dan valid. "Informasi yang tersedia dalam buku lebih lengkap dan benar - benar jelas," tandasnya.


Penulis: Akhmad SF
Editor: Muliana Sari
Sumber: eNewsTimE.co

Tagar:

# MUARASABAK

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement