Buka Bazar Ramadhan DWP, Ini Kata Sekda Provinsi Jambi



Rabu, 08 Mei 2019 | 14:49:26 WIB



Sekda Provinsi Jambi, M. Dianto didampingi Ketua DWP Provinsi Jambi, Neta Aryani menyerahkan paket Sembako kepada warga
Sekda Provinsi Jambi, M. Dianto didampingi Ketua DWP Provinsi Jambi, Neta Aryani menyerahkan paket Sembako kepada warga ARDANI/NT

Advertisement


Advertisement

JAMBI, eNewsTimE.co - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, Drs. H. M. Dianto, M.Si, pada Rabu (8/5), sekitar jam 08.00 WIB membuka secara resmi Bazar Ramadhan 1440 Hijriyah/2019 Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Jambi di Gedung DWP Provinsi Jambi, Jl. Raden Mattaher No, 8 Pasar Jambi (Di dekat Rumah Sakit Bhayangkara/Polisi). Bazar tersebut diselenggarakan pada Rabu, 8 Mei 2019 sampai dengan Sabtu, 11 Mei 2019.

Dalam pembukaan Bazar tersebut, turut hadir Ketua DWP Provinsi Jambi, Hj. Neta Aryani Dianto dan Ketua Dharma Wanita unsur pelaksana dan instansi vertikal. Terdapat 54 stand yang berpartisipasi dalam Bazar Ramadhan DWP Provinsi Jambi Tahun 2019, terdiri dari stand OPD lingkup Pemerintah Provinsi Jambi, instansi-instansi vertikal, dan stand dari Pemerintah Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi. Bazar ini bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat mendapat Sembako dengan harga dibawah harga pasaran, sehingga masyarakat yang kurang mampu terbantu dalam memenuhi kebutuhan pokok selama Puasa Ramadhan.

Dinas/instansi yang menyediakan paket bahan pokok diantaranya paket murah oleh Dinas Perindag menjual paket yang nilainya Rp. 125.000, subsidi Rp. 50.000 sehingga masyarakat membayarnya Rp. 75.000 terdiri dari 5 Kg beras, 2 Kg gula pasir, 2 liter minyak goreng, 2 Kg tepung terigu, mentega 200 gram. Sedangkan Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Provinsi Jambi menjual bawang merah dengan harga Rp. 22.000/Kg bawang putih Rp. 42.000 ribu/Kg, cabai merah Rp. 28.000/Kg, daging segar Rp. 110.000/Kg, daging beku Rp. 70.000/kg, daging ayam Rp. 30.000/Kg, telur Rp. 1.000/butir. Sementara Bulog menjual beras premium seharga Rp. 55.000, daging beku Rp. 80.000/Kg. Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi menjual ikan nila Rp. 25.000/Kg, ikan patin Rp. 15.000/Kg dan ikan lele Rp. 15.000/Kg.

Sekda menjelaskan, bahwa Pemerintah Provinsi Jambi memberikan apresiasi kepada DWP Provinsi Jambi dan instansi terkait yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. ‘’Dalam Bazar ini semua Dharma Wanita dan instansi vertikal, terlihat juga ada dari Unja dan UIN, luar biasa kekompakan para Ibu-Ibu ini dengan niat untuk membantu masyarakat yang membutuhkan terutama untuk meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok dibulan Suci Ramadhan maupun dalam menghadapi Hari Raya Idul Fitri yang akan datang. Atas nama Pemerintah Provinsi Jambi, merasa bangga dan menyambut baik terselenggaranya kegiatan ini terlebih lagi melihat situasi dan kondisi ekonomi kita saat ini yang masih belum begitu baik. Melalui wadah hari ini diharapkan pula tercipta kesetiakawanan sosial dari kalangan yang berada yang hidupnya serba berkecukupan dengan masyarakat lapisan bawah dan menengah yang serba kekurangan. Marilah kita bersama-sama merapatkan barisan untuk membangun daerah Jambi yang kita cintai ini,’’ ujar Sekda.

Sekda Dianto menyebutkan, tentang upaya Pemerintah dalam memenuhi kebutuhan masyarakat terutama bawang putih yang melonjak harganya sampai Rp. 100.000/Kg. ‘’Dengan kegiatan Bazar ini upaya kita dari Pemerintah Provinsi Jambi untuk membantu masyarakat dan meringankan masyarakat. Kita berupaya seoptimal mungkin dan jadilah konsumen yang cerdas, jadi jangan terlalu banyak belanjanya tapi bisa mencukupi kebutuhan rumah tangga,’’ terang Sekda.

Sementara itu, Ketua DWP Provinsi Jambi, Neta Aryani menyatakan, bahwa penyelenggaraan Bazar Ramadhan ini merupakan sarana menumbuhkembangkan rasa kepedulian dan kepekaan sosial masyarakat yang sangat tinggi, khususnya bagi keluarga besar DWP Provinsi Jambi. ‘’Bazar atau pasar murah ini adalah satu bentuk partisipasi aktif masyarakat dalam membantu program Pemerintah menekan lonjakan harga bahwa sudah menjadi tradisi tahunan jika menjelang Ramadhan dan Idul Fitri harga kebutuhan pokok pasti ada kenaikan harga. Untuk itu, Bazar merupakan salah satu solusi terbaik sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat untuk mengantisipasi lonjakan harga dalam rangka datangnya Hari Raya Idul Fitri. Dan setiap tahunnya memang Dharma Wanita mengadakan Bazar Ramadhan dan bukan ini saja, disini saja, kami juga akan mengadakan kegiatan sosial yang Insya Allah pada hari Jumat (10/5) akan kami laksanakan, yaitu memberikan bantuan kepada Panti Asuhan yang ada disekitar Kantor Sekretariat Dharma Wanita ini,’’ ujar Neta.


Penulis: ARDANI
Editor: BENI MURDANI
Sumber: eNewsTimE.co


Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement