Petani Ancam Kapling Lahan Plasma Kaswari Unggul



Rabu, 04 Juli 2018 | 19:36:31 WIB



Aksi yang dilakukan kelompok Tani Suka Maju dengan menduduki jalan.
Aksi yang dilakukan kelompok Tani Suka Maju dengan menduduki jalan.

Advertisement


Advertisement

MUARASABAK, EnewsTimE.co- Para petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Suka Maju, Kecamatan Geragai, Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) mengancam akan melakukan aksi pengkaplingan lahan plasma perkebunan kelapa sawit yang digarap PT. Kaswari Unggul, jika pihak perusahaan tidak merealisasikan tuntutan petani. ‘’Jika mediasi yang akan dilaksanakan pada 14 Juli mendatang perusahaan tidak dapat memenuhi tuntutan masyarakat, kami akan melakukan aksi yang lebih dari biasanya. Pertemuan nanti kita berharap perusahaan segera merealisasikan tuntutan masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Tani Suka Maju. Dan kita juga meminta, yang datang menghadiri pertemuan nanti orang yang berkompeten, sehingga dapat segera mengambil keputusan,’’ kata Ketua Kelompok Tani Suka Maju, Muhammad, kemarin.

Lebih lanjut dia mengatakan, jika perusahaan melakukan hal yang tidak diinginkan, maka lahan yang diduduki perusahaan diatas lahan plasma seluas 320 hektar akan dikapling. Karena dua kali pertemuan sudah disepakati yang difasilitasi Pemerintah tersebut gagal digelar dengan berbagai alasan. ‘’Kita tidak main-main, bila tidak ada putusan menyangkut tuntutan itu, apa yang menjadi hak kita kita lakukan. Dasar lahan plasma yang sudah direalisasikan yang terbitnya HGU, itulah yang akan kita kapling,’’ ucapnya.  

Sementara aksi menduduki jalan diatas tanah masyarakat dengan menutup atau memblokir jalan perusahaan perkebunan tersebut masih dilakukan, sebelum masyarakat mendapatkan haknya dari pihak perusahaan. ‘’Sejauh tuntutan masyarakat belum dipenuhi, masyarakat akan tetap menduduki jalan tersebut,’’ tandasnya.

Sementara itu, Humas PT. Kaswari Unggul, Saharudin saat dikonfirmasi enggan berkomentar banyak. ‘’Kita tunggu saja dulu pertemuannya,’’ ujarnya singkat.(amt)


Penulis: Akhmad.SF
Editor: Beni Murdani, SE
Sumber: EnewsTimE.co

Tagar:

# MUARASABAK

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement