Puskesmas Air Hitam Laut Melaksanakan Kegiatan Penggalangan Komitmen Akreditasi Lintas Sektor

Dalam Rangka Peningkatan Mutu Pelayanan Puskesmas


Kamis, 01 Maret 2018 | 22:33:27 WIB



Kepala Puskesmas Air Hitam Laut, M. Darwis foto bersama pimpinan lintas sektor wilayah kerja Puskesmas Air Hitam Laut
Kepala Puskesmas Air Hitam Laut, M. Darwis foto bersama pimpinan lintas sektor wilayah kerja Puskesmas Air Hitam Laut BUYAMIN/NT

Advertisement


Advertisement

SADU, eNewsTimE.co – Puskesmas Desa Air Hitam Laut, Kecamatan Sadu, Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) terus melakukan berbagai upaya peningkatan mutu dan kinerja dalam rangka peningkatan layanan kepada masyarakat oleh fasilitas kesehatan tingkat pertama (Puskesmas, red), antara lain dengan pembakuan dan pengembangan sistem manajemen mutu dan upaya perbaikan kinerja yang berkesinambungan, baik dalam pelayanan manajemen, klinis dan penyelenggaraan upaya-upaya kesehatan. Survey Akreditasi dilakukan oleh Surveyor Akreditasi yang kompeten untuk melakukan Survei Akreditasi secara obyektif yang didasarkan pada standard, kriteria dan elemen penilaian yang ada pada Standard Akreditasi yang diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.Standard Akreditasi fasilitas kesehatan tingkat pertama memuat penilaian yang secara garis besar terkait bidang administrasi dan manajemen, bidang kesehatan upaya perorangan dan bidang upaya kesehatan masyarakat.

Sebagai langkah awal dalam melaksanakan proses Akreditasi, Puskesmas Air Hitam Laut mengadakan Kegiatan Penggalangan Komitmen Akreditasi Lintas Sektor, pada Selasa (27/2). Acara yang dilaksanakan di Puskesmas Air Hitam Laut ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tanjabtim, Ernawati yang diwakili oleh Kasubag Perencanaan dan Keuangan, Amir Machmud, SKM. Penggalangan komitmen inipun tidak hanya diikuti oleh pihak internal Puskesmas Air Hitam Laut, tetapi juga melibatkan lintas sektor di wilayah kerja Puskesmas Air Hitam Laut, diantaranya dengan mengundang pihak dari Dinas Kesehatan, Kecamatan, Polsek, UPTD, Kepala Desa, Tim Penggerak PKK dan unsur unsur Desa lainnya sebagai salah satu faktor pendukung demi terwujudnya pelayanan yang bermutu.

Dalam sambutannya, Amir Machmud menyampaikan, bahwa Akreditasi merupakan salah satu mekanisme regulasi yang bertujuan untuk mendorong upaya peningkatan mutu dan kinerja pelayanan fasilitas kesehatan tingkat pertama. ‘’Akreditasi Puskesmas adalah proses penilaian eksternal oleh Komisi Akreditasi dan atau perwakilan di Provinsi terhadap Puskesmas untuk menilai apakah sistem manajemen mutu dan sistem penyelenggaraan pelayanan dan upaya pokok sesuai dengan standard yang ditetapkan,’’ jelasnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Air Hitam Laut, M. Darwis, AM.kep mengharapkan dukungan elemen masyarakat dan lintas sektor turut mendukung proses Akreditasi Puskesmas Air Hitam Laut yang akan dilaksanakan pada tahun 2018, ‘’Alhamdulillah, hal ini disambut baik oleh Camat Sadu, Pak Helmi Agustinus yang diwakilkan oleh Sekcam Pak Muslim yang menyatakan dukungan dan mengistruksikan kepada lintas sektor agar turut berpartisipasi ditandai dengan penandatanganan komitmen Akreditasi dalam meningkatkan mutu pelayanan,’’ kata Darwis. ‘’Diharapkan dengan melibatkan lintas sektor terkait, dapat diperoleh masukan, kritik dan saran yang bersifat membangun, demi kemajuan pelayanan Puskesmas Air Hitam Laut,’’ imbuhnya.


Penulis: BUYAMIN
Editor: BENI MURDANI
Sumber: eNewsTimE.co

Tagar:

# MUARASABAK

Advertisement
Advertisement
Advertisement