Kalau Ado Kewenangan 'Romi' Akan Usir PetroChina

Dinilai Banyak Kebohongan - Kebohongan dan Merampok Hasil Bumi


Selasa, 21 Maret 2023 | 12:06:32 WIB



H. ROMI HARIYANTO.S.E
H. ROMI HARIYANTO.S.E

Advertisement


Advertisement

eNewsTimE.id, Tanjabtim  - PT. PetroChina Jabung Ltd yang selama ini mengeruk hasil Bumi Tanjabtim itu dinilai telah banyak berbohong terhadap Masyarakat. Hal itu membuat Bupati Kabupaten Tanjab Timur, Jambi H. Romi Hariyanto, S.E pada pembukaan acara peresmian gendung kantor Koramil 419-50/Geragai Kodim 0419/Tanjab di kelurahan Pandan Jaya Kecamatan Geragai, marah besar terhadap segenap Pimpinan Petrochina, Selasa (21/3/23) pagi.

Kemarahan Romi saat itu tidak dapat terbendung lagi. Sampai - sampai Dia katakan kalau ado Kewenangan akan mengusir Perusahaan Raksasa tersebut dari Bumi Sepucuk Nipah Serumpun Nibung ( Tanjab Timur). Karena dinilai sudah merampok Hasil Bumi Daerah ini. 

" Sayo anggap SKK Migas jadi centeng.  Kalau Sayo punyo kewenangan Pak Danrem. Sayo usir Petro, sayo bubarkan SKK Migas, Dakdo gunonyo ," Ungkap Bupati Tanjabtim dua periode itu Romi Hariyanto dengan tegas. 

" Sayo dak percayo lagi samo Petrochina dan SKK Migas. Sayo anggap Petro itu hanya perusahaan yang merampok sumber daya alam Tanjabtim yang selalu berlindung dibawah ketiak SKK Migas ," Ungkapnya lagi. 

Ketegasan yang dibuat oleh Pemimpin  Wilayah Timur Jambi tersebut, dibuktikan dengan mengeluarkan Perusahaan itu ( PetroChina,red ) dari Forum CSR pada beberapa pekan lalu. 

" Sayo tidak akan lagi berurusan dengan PetroChina. Petro sudah Sayo keluarkan dari Forum CSR ," Kata Bacalon Gubernur Jambi Merakyat 2024 mendatang itu dengan tegas. 

Menurunnya kepercayaan Pemerintah Kabupaten Tanjabtim terhadap Perusahaan Minyak dan Gas itu dipicu atas ketidak komitmennya Perusahaan  itu dalam turut handil membangun Daerah yang sudah disepakati, Baik melalui Pemerintah maupun langsung dari Masyarakat.

" Apapun Komitment yang dibangun oleh PetroChina sama Masyarakat maupun Pemerintah dak pernah jalan, dan itu selalu dilindungi oleh SKK Migas ," Ucapnya. 

Bayangkan, kata Romi, Mereka beli Gas dak sebanding dengan hasil bumi Tanjabtim yang diambil dengan apa yang dirasakan Masyarakat Tanjabtim, Tanyo samo Masyarakat. 

Mantan Ketua DPRD Tanjabtim Tiga Periode itupun berbicara bukan atas nama pribadi. Namun tetapi atas Kepentingan Daerah, Kepentingan Masyarakat Tanjabtim bahkan kepentingan Negara. Pasalnya, Berapa banyak kebohongan - kebohongan petro yang diberikan kepada Kami ( Pemda ), Kepada Masyarakat, bahkan kepada Polres.  

" Apakah Petro ini Negara dalam Negara ," cetusnya.

In Syaa Allah, Sambung Romi, dengan kemampuan APBD Kami, Kami ( Pemda Tanjabtim ) masih mampu melayani Masyarakat Kami. Kami tidak akan lagi melibatkan Petrochina dalam kegiatan apapun itu, Tidak akan. 

Seiring kemarahan Bupati Dua Periode itu, Masyarakat dari Tiga Desa dalam kecamatan mendahara ulu juga mengadakan aksi Demo terhadap petro China dirapah 3 yang diduga ingkar janji terkait perbaikan jalan, serta perluasan lahan parkir polres Tanjabtim sudah dua tahun belum ditindak lanjuti oleh petro China.

 


Penulis: Akhmad SF
Editor: Akhmad SF
Sumber: enewstime.id


Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement