DPMD Gelar Bimtek Gelombang ke II di Rantau Rasau



Kamis, 14 Juli 2022 | 14:15:12 WIB



Bimtek PPKD Serentak Tahun 2022 gelombang ke II
Bimtek PPKD Serentak Tahun 2022 gelombang ke II

Advertisement


Advertisement

Muarasabak,eNewsTimE .id - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjab Timur), kembali mengelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi panitia pemilihan Kepala Desa serentak Tahun 2022 gelombang ke II, terpusat di Aula kantor Kecamatan Rantau Rasau, Kamis (14/7/22) Pagi. 

Bupati Kabupaten Tanjab Timur, H. Romi Harianto, S.E dalam sambutannya yang diwakili Staf Ahli Politik, Hukum dan Pemerintahan Drs. Berliyan menyampaikan bahwa dalam rangka menyukseskan Pilkades Serentak ini, perlu adanya persiapan - persiapan yang matang. Salah satunya ialah, perlunya memahami aturan hukum yang mengatur tentang mekanisme Pilkades. " Pasca diberlakukannya Permendagri Nomor 65 Tahun 2017, memberikan peluang kepada setiap Warga Negara Indonesia (WNI) bisa ikut sebagai bakal calon Kades. Sebelumnya yang dapat mencalonkan Kades Warga  setempat yang telah berdomisili selama satu tahun lamanya," Terangnya. 

Pada kesempatan ini, Lanjut Berliyan, PPKD harus betul - betul dapat memahami aturan  - aturan tersebut. Sehinga selama tahapan demi tahapan Pilkades tidak menimbulkan permasalahan. 

" Saya berpesan, Ketua BPD dan PPKD, dalam menentukan PPS harus betul - betul mempedomani ketentuan yang berlaku. Dan tugaskan Orang - Orang yang mampu menjalankan amanah ," Imbuhnya. 

Sukses tidaknya pelaksanaan Pilkades ini, Lanjut Berliyan, sangat ditentukan adanya suasana yang kondusif, Aman dan Sejuk.  Dukungan dari TNI dan Polri juga sangat menentukan. Maka dari itu, diminta kepada seluruh pihak yang terlibat dalam Pilkades, agar saling berkoordinasi. Sehinga setiap masalah yang mengancam jalannya proses pemilihan ini dapat diredam secepatnya. Sikap profesionalisme penyelenggara  sangat berpengaruh. Jangan ada upaya keberpihakan kepada salah satu calon, Panitia harus netral. 

 " Mari kita sukseskan Pilkades Serentak Tahun 2022 ini, yang aman, damai dan Sejuk," Tutupnya.

Kepala Dinas PMD, Mariontoni, S.Sos menyampaikan bahwa kegiatan itu dilaksanakan agar dapat memberikan pemahaman kepada Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) mengenai mekanisme pemilihan  Kades serentak, Pelaporan, serta tahanannya.  

" Peserta terdiri dari Kasi Pemerintahan  Kecamatan, BPD dan Ketua serta Bendahara PPKD," Kata Mariontoni. 

Pada kegiatan Bimtek ini, Sekdis DPMD Arie Julian Saputra, S.Ip, M.H, Kabid Pemberdayaan Masyarakat Rica Saputra, S.E, Kasubag perencanaan dan Keuangan DPMD, serta staf pengelola pemberdayaan Masyarakat dan kelembagaan Muhadi, S.Sos hadir selalu nara sumber. 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Penulis: Akhmad SF
Editor: Muliana Sari
Sumber: eNewsTimE.id

Tagar:

# MUARASABAK

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement