Batik Tanjabtim Tembus Kancah Nasional

Perindag Terus Tingkatkan Keahlian Pengrajin


Selasa, 21 Juni 2022 | 06:25:30 WIB



Batik Tanjabtim
Batik Tanjabtim Akhmad,SF

Advertisement


Advertisement

Muarasabak,eNewsTimE.id - Dengan telah dikenalnya Batik dari Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) di kancah Nasional, Dinas Perindustrian dan Perdangangan terus berupaya maksimal meningkatkan skill pengrajin. Seperti yang disampaikan Plt Kadis Prindag Tanjabtim Budi Wahyudi, S.Stp saat disambangi ini diruang kerjanya, Rabu (21/6/22) pagi.

Masyarakat luas mengenal Batik Bumi Sepucuk Nipah Serumpun Nibung ini melalui promosi lewat pameran, ekspose maupun melalui aplikasi jejaring sosial serta aplikasi onlineshop. Pada wawancara yang berlangsung lebih kurang satu jam tersebut, Budi menyampaikan bahwa berkat Rahmat dan Ridho yang dilimpahkan Sang Maha Kuasa, sehingga batik karya buah tangan Masyarakat Muara Sabak dikenal sampai luar Daerah Provinsi Jambi.

" Alhamdulilah, saat ini batik kita sudah tembus di kancah Nasional ," ungkap Mantan Camat Rantau Rasau ini.

Saat ini, lanjut Budi, batik Tanjabtim sudah memiliki sebanyak lebih dari 29 motif dan yang sudah dihak patenkan (HKI) sebanyak 16 motif. Kedepan akan ada lagi yang dipatenkan, baik melalui dana APBD Kabupaten dan APBD Provinsi.

" Konsumen lebih cenderung memilih Motif perahu layar, buah nipah, buah pedade serta biota laut. Semua itu tergantung selera dan pesanan ," beber Budi.

Untuk menghipnotis hati Masyarakat akan batik Sabak, sambung Budi, Instansinya selalu memberikan terobosan terhadap pengrajin lewat Pelatihan dan Bimtek.

"Juni ini sebanyak 6 kelompok pengrajin Batik diberangkatkan untuk mengikuti Bintek peningkatan Inovasi di Balai Besar Kerajinan dan Batik (BBKB) Yogyakarta ," paparnya.

Yang mana bagi Masyarakat yang berminat Batik Sabak, Kata Budi, mereka bisa mendapatkannya lewat Aplikasi Shopee, Jejaring Sosial FB, Instagram, WA ataupun melalui asosiasi pengrajin Tanjabtim maupun secara langsung. Bila melalui asosiasi Apitajam bisa langsung menghubingi Buhori (Saye Batik) di 0852 6616 7367 dan Dedi ( Rasya Batik) di 0852-6757-8360 .

"Sementara, yang berminat Makanan ataupun minuman buat buah tangan, bisa langsung menghubungi Nur Diana di 0823 7607 0230,atau ke Dinas Perindustrian dan Perdagangan Tanjung Jabung Timur," terang Budi.


Penulis: Akhmad, SF
Editor: Lia
Sumber: eNewsTimE.id

Tagar:

# MUARASABAK

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement