Menyikapi Memuncaknya Transmisi Lokal, Pasien Isoman Dipindahkan ke Lokasi Isoter



Jumat, 20 Agustus 2021 | 23:31:15 WIB



Pemindahan Pasien Isoman ke Lokasi Isoter
Pemindahan Pasien Isoman ke Lokasi Isoter BENI MURDANI/NT

Advertisement


Advertisement

MUARASABAK, eNewsTimE.co - Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) bersama personil Polres Tanjabtim, Pabung 0419/Tanjab dan unsur terkait lainnya melaksanakan kegiatan penjemputan atau pemindahan Pasien Covid-19 yang melaksanakan Isolasi Mandiri (Isoman) ke lokasi Isolasi Terpusat (Isoter) yang telah disiapkan Pemkab Tanjabtim, Kamis (19/08/2021).

Kegiatan ini merupakan salah satu tindak lanjut dari Instruksi Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi serta salah satu rekomendasi dari rapat koordinasi penanganan Covid-19 di Kabupaten Tanjabtim yang baru-baru ini telah diselenggarakan.

Dengan adanya langkah penanganan ini, diharapkan dapat menekan dan mengendalikan penyebaran Covid-19 dari transmisi lokal yang ada di Kabupaten Tanjabtim. ‘’Kita memusatkan pelaksanaan Isoter Pasien Covid-19 ini di Gedung Diklat BKPSDM Kabupaten Tanjabtim, yang fasilitasnya memang sudah kita sediakan untuk tempat Isolasi Pasien Covid-19,’’ ungkap Juru Bicara Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tanjabtim, Sapril.

Sapril yang juga menjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Tanjabtim ini mengatakan, untuk tahap ini memang difokuskan ke warga Kecamatan Muarasabak Barat yang melaksanakan Isoman untuk dipindahakan ke lokasi Isoter. Hal ini karena Kecamatan Muarasabak Barat terletak di Ibu Kota Kabupaten. ‘’Karena Kecamatan tersebut dekat untuk pelaksanaan pengawasan serta perawatannya. Sebab di Kecamatan ini ada Puskesmas serta RSUD. Sementara untuk pasien Isoman dari Kecamatan lainnya mengapa tidak kita pusatkan di Kabupaten, ini karena kita berharap pelaksanaan Isolasinya terpusat di Ibu Kota Kecamatan masing-masing dengan memanfaatkan bangunan sekolah yang belum dipakai untuk pelajaran tatap muka,’’ jelasnya.

Sapril menuturkan, bahwa untuk pemindahan pasien yang Isoman ke Isoter harus melihat kebutuhan yang ada terlebih dahulu. Artinya sepanjang mereka melakukan Isoman ini betul-betul mentaati Protokol Kesehatan, tidak keluar ruangan Isoman dan tidak menyebabkan transmisi lokal, tetap dianjurkan untuk dilaksanakan secara bersamaan.

Sekda juga menghimbau kepada seluruh masyarakat dalam wilayah Kabupaten Tanjabtim kiranya dapat bekerjasama dan mendukung Penanganan Covid-19 di Kabupaten Tanjabtim ini. Dan untuk masyarakat yang terkonfirmasi positif, harus melaksanakan Isolasi terpusat di fasilitas Isolasi yang sudah disiapkan oleh Pemerintah dan dapat menerima dengan suka rela. ‘’Dan kami terus menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta lakukan 5 M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan/gunakan selalu Hand Sanitizer, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilitas dan interaksi. ‘’Dan jangan lupa selalu berdo’a untuk kebaikan kita semua. Bersama kita lawan Covid-19,’’ himbaunya.

 


Penulis: BENI MURDANI
Editor: BENI MURDANI
Sumber: eNewsTimE.co


Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement