Mobile PCR Covid-19 Drive Thru Dioperasikan di Jambi



Selasa, 22 Juni 2021 | 19:56:35 WIB



Wakil Walikota Jambi, Maulana saat meresmikan pengoperasian Mobile PCR Covid-19 Drive Thru
Wakil Walikota Jambi, Maulana saat meresmikan pengoperasian Mobile PCR Covid-19 Drive Thru BENI MURDANI/NT

Advertisement


Advertisement

JAMBI, eNewsTimE.co - Mobile Laboratorim PCR Covid-19 Drive Thru atau tanpa turun mulai dioperasikan di Kota Jambi, Senin (21/6/2021). ‘’Mobile Laboratorim PCR nantinya akan melaksanakan layanan tanpa turun, warga yang akan melakukan tes cukup berada di kendaraan mereka, nanti petugas akan mengambil sampel tes dan akan langsung dilakukan tes di Mobile Laboratorium PCR,’’ ungkap Direktur Utama RS Pertamina Baiturrahim Jambi, kemarin.

Layanan tes PCR dengan sistem Lantatur ini dilaksanakan demi efektivitas layanan tes PCR dan memudahkan warga melaksanakan tes PCR Covid-19.

Mobile Laboratorium PCR ini nantinya akan ditempatkan di tempat umum dalam wilayah Kota Jambi. Seperti di Tugu Keris Siginjai Jambi, kawasan Danau Sipin, Swalayan, serta tempat umum lainnya.

Selain itu Mobile Laboratorium PCR juga akan dimanfaatkan untuk melakukan tes PCR di daerah-daerah yang berada di Zona Merah Covid-19. Sehingga warga di Zona itu tidak perlu datang ke fasilitas kesehatan untuk melakukan tes. ‘’Mobile Laboratorium PCR dilengkapi Empat unit mesin tes PCR, hasil keluar setelah Empat jam, sehingga warga tidak perlu menunggu selama berhari-hari untuk mendapatkan hasil tes,’’ bebernya.

Dalam Satu kali pengetesan Mobile Laboratorium PCR dapat melakukan tes untuk 32 sampel. Jika diefektifkan selama 24 jam, dapat melakukan tes terhadap 300 sampai 400 sampel.

Kehadiran Mobile Laboratorium PCR ini dilakukan untuk meningkatkan testing dan penelusuran (Tracing) terhadap pasien Covid-19, mengingat saat ini terjadi lonjakan pasien terkonfirmasi positif virus Corona di Provinsi Jambi.

Mobile Laboratorium PCR ini adalah hasil sinergi BUMN Pertamina grup, antara PT Pertamedika IHC, RS Pertamina Baiturahim Jambi, PT Pratama Mitra Sejati dan PT Nakeda Multi Transpor. ‘’Sebagai Rumah Sakit rujukan pasien Covid-19 di Jambi, kami berupaya mengembangkan layanan, sehingga dapat memangkas waktu untuk mengetahui hasil tes,’’ katanya.

Sejauh ini, di Indonesia baru terdapat Empat unit Mobile Laboratorium PCR serupa, yang berlokasi di Medan, Jakarta dan Jambi.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Jambi, Maulana mengatakan, bahwa Mobile Laboratorium PCR bisa dimanfaatkan untuk melakukan tes PCR di Kelurahan yang dilockdown oleh Satgas Covid-19. Sehingga warga di lokasi itu tidak perlu melakukan tes PCR di fasilitas kesehatan. ‘’Kehadiran Mobile Laboratorium PCR ini sangat membantu petugas melakukan penelusuran dan pelacakan di daerah yang dilockdown karena penerapan PPKM mikro,’’ ujar Maulana.

Wakil Wali Kota menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat serta lakukan 5M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilitas dan interaksi. ‘’Bersama kita lawan Covid-19,’’ tukasnya.


Penulis: BENI MURDANI
Editor: BENI MURDANI
Sumber: eNewsTimE.co

Tagar:

# JAMBI

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement