Antisipasi Penyebaran Covid, Satu RT di Jambi Tak Menerima Tamu Lebaran



Senin, 17 Mei 2021 | 20:14:29 WIB



Warga RT 13, Kelurahan Petunas, Kecamatan Tungkal Ilir, Kabupaten Tanjabbar, Jambi tidak menerima tamu lebaran
Warga RT 13, Kelurahan Petunas, Kecamatan Tungkal Ilir, Kabupaten Tanjabbar, Jambi tidak menerima tamu lebaran BENI MURDANI/NT

Advertisement


Advertisement

KUALATUNGKAL, eNewsTimE.co – Guna mengantisipasi penyebaran Covid-19 saat Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah, masyarakat di RT 13, Kelurahan Petunas, Kecamatan Tungkal Ilir, Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar), Provinsi Jambi memberlakukan kebijakan yang unik.

Ketua RT dan warga di RT 13, Kelurahan Patunas sepakat untuk tidak menerima kunjungan tamu lebaran. Diketahui, saat ini penyebaran Covid-19 di wilayah tersebut masih terbilang tinggi.

Warga setempat tampak memasang sepanduk dan kardus yang berisi tentang himbauan tidak menerima tamu lebaran.

Ketua RT 13 Kelurahan Patunas, Ahmad Yani mengatakan, larangan bertamu lebaran ini dikhususkan bagi warga diluar RT nya. Untuk spanduk dipasang di jalan utama memasuki wilayah RT, sementara untuk kardus dipasang di depan rumah warga.

Spanduk dan kardus tersebut bertuliskan tidak menerima tamu lebaran, melainkan silaturahmi lebaran hanya diizinkan melalui virtual.

Selain itu, seluruh warga di RT 13 Kelurahan Patunas, Kecamatan Tungkal Ilir juga sepakat untuk tidak mudik lebaran. ‘’Untuk saat ini berkemungkinan warga kami tidak ada yang pulang kampung. Surat edaran dari Pemerintah ditanggapi dengan baik oleh masyarakat disini. Sampai saat ini belum ada laporan warga yang pulang kampung,’’ ujar Ketua RT 13, Kelurahan Patunas, Ahmad Yani, pada beberapa hari lalu.

Sementara itu, Satgas penanganan Covid-19 Tanjabbar sendiri menyambut baik keputusan warga di RT 13, Kelurahan Patunas tersebut. Selama masa pandemi Covid-19, pihak Satgas meminta warga untuk lebih mengutamakan kesehatan, dan bersilaturahmi lebaran dapat dilakukan secara virtual. ‘’Kalau semua RT tergerak sama seperti RT 13, Insya Allah semua bisa menjaga lingkungannya masing-masing. Memastikan untuk Hari Raya tidak ada kerumunan. Rumah-rumah menerima tamu secukupnya, tidak membuka selebar-lebarnya. Mudah-mudahan itu upaya untuk pencegahan dari Covid. Karena di tempat kita Tanjung Jabung Barat Covid nya cukup meningkat,’’ kata Wadansatgas Penanganan Covid-19 Tanjabbar, AKBP Guntur Saputro, kemarin.

Kapolres Tanjavvar ini berharap, langkah yang dilakukan oleh warga di RT 13 Kelurahan Patunas juga dapat diikuti oleh seluruh RT yang ada di Kabupaten Tanjabbar, guna mempercepat memutus mata rantai penularan Covid-19. ‘’Tentunya RT 13 bisa menjadi contoh untuk RT RT yang lain,’’ tukasnya.


Penulis: BENI MURDANI
Editor: BENI MURDANI
Sumber: eNewsTimE.co


Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement