Pj Gubernur Jambi Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2021



Senin, 05 April 2021 | 23:47:18 WIB



Pj Gubernur Jambi Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2021
Pj Gubernur Jambi Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2021 RENO AGUSTIAN/NT

Advertisement


Advertisement

JAMBI, eNewsTimE.co – Pj Gubernur Jambi, Hari Nur Cahaya Murni memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat tahun 2021 Polda Jambi yang dilaksanakan di Lapangan Polresta Jambi, Rabu (5/4/2021). ‘’Operasi Ketupat Siginjai 2021 ini akan dilaksanakan mulai tangal 6 sampai dengan 17 Mei 2021, selama 12 hari,’’ ungkap Pj Gubernur Jambi.

Pj Gubenur Jambi saat membacakan amanat Kapolri menjelaskan, bahwa Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Tahun 2021 dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Sebab menjelang Hari raya Idul Fitri 1442 H, trend kasus Covid-19 di Indonesia mengalami kenaikan sebesar 2,03 persen. Hal ini disebabkan peningkatan aktifitas masayarakat khususnya menjelang akhir bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri. ‘’Pemerintaah telah mengabil kebijakan larangan mudik pada Hari Raya Idul Fitri 1442 H, ini merupakan tahun kedua Pemerintah mengambil kebijakan tersebut karena situasi Pandemi Covid-19,’’ jelasnya.

Keputusan tersebut diambil melalui berbagai macam pertimbangan, yaitu pengalaman terjadinya kenaikan trend kenaikan kasus setelah pelaksanaan libur panjang sebesar 93 persen setelah pelaksanaan libur Idul Fitri pada tahun 2020 lalu, meskipun begitu keinginan masyarakat untuk mudik sulit untuk ditahan.

Berdasarkan survei Menteri Perhubungan, apabila Pemerintah tidak melaksanakan larangan mudik maka akan terjadi pergerakan orang yang melakukan perjalanan mudik sebesar 81 juta orang, namun setelah diberlakukannya larangan mudik masih terdapat 7 persen atau 17,5 juta orang yang akan melaksanakan mudik. ‘’Oleh karena itu kegiatan Operasi Ketupat tahun 2021 harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh oleh seluruh jajaran. Ada beberapa poin penting Pendirian Posko Ketupat selain memberikan pengamanan dan pelayanan kepada masyarakat yang melaksanakan aktifitas menjelang dan setelah Idul Fitri 1442 H, kegiatan di Posko juga berfungsi untuk mengendalikan penyebaran Covid-19,’’ pintanya.

Pj Gubernur menekankan untuk dipedomani guna mendukung keberhasilan pelaksanaan Operasi Ketupat 2021 diantaranya menyiapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kemudian melakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang sebagai langkah antisipasi sedini mungkin untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat. Tingkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiap-siagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum bulan Ramadhan dan Idul Fitri. Serta melaksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan layanan yang terbaik, lengkapi sarana dan prasarana serta lakukan penugasan anggota dengan body sistem. ‘’Dan lakukan penegakan hukum secara profesional dan proporsional serta dengan humanis. Mantapkan kerja sama, sinergi dan kerjasama terhadap petugas yang terliba. Tetaplah menjadi teladan bagi keluarga dan terapkan Prokes Covid-19 dimasyarakat,’’ tandasnya.


Penulis: RENO AGUSTIAN
Editor: MULYANA SARI
Sumber: eNewsTimE.co


Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement