Cegah Narkoba, Pegawai Dishub Tanjabtim Dites Urine



Jumat, 19 Maret 2021 | 00:40:22 WIB



Para Pegawai Dishub Tanjabtim saat dites urine
Para Pegawai Dishub Tanjabtim saat dites urine BAHARUDDIN/NT

Advertisement


Advertisement

MUARASABAK, eNewsTimE.co – Seluruh jajaran Aparatur Sipil Negera (ASN) dan Honorer di Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) discreening deteksi dini narkoba (tes urine) oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Tanjabtim, Kamis (18/3/2021).

Sekitar 130 Pegawai Dishub dengan tetap mematuhi Protokol Kesehatan saat menjalani tes urine. Kegiatan tes urine ini sekaligus untuk menyosialisasikan bahaya narkoba, melaksanakan hidup 100 persen sadar, sehat, produktif dan bahagia tanpa narkoba untuk selanjutnya dapat diimplementasikan dilingkungan keluarga dan masyarakat.

Kepala Dishub Tanjabtim, Hadi Firdaus menjelaskan, bahwa tes urine ini dilakukan secara berkala dilingkungan Dishub Tanjabtim. ‘’Dan kegiatan ini sudah berlangsung beberapa tahun terakhir. Alhamdulillah saat ini Dinas Perhubungan mendapat program dari BNNK tes urine gratis,’’ jelas Hadi.

Hadi mengharapkan kerja sama ini bisa berlanjut kedepannya guna mencegah penyalahgunaan narkoba. ‘’Kita harus bersama-sama dalam pemberantasan narkoba ini,’’ ujarnya.

Sementara itu, Kepala BNNK Tanjabtim, AKBP Kartino yang diwakili oleh Kasi Pencegahan, Sakti Wijaya mengungkapkan, bahwa kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari Intruksi Presiden Nomor 02 Tahun 2020 tentang rencana aksi Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) serta Permendagri Nomor 12 Tahun 2019, ‘’Kegiatan ini juga merupakan implementasi program BNNK Tanjabtim dalam mewujudkan lingkungan kerja dilingkup Pemerintah Kabupaten bersih dari narkoba,’’ ungkapnya.

Dia menjelaskan, saat ini BNNK Tanjabtim akan bekerja bersama dengan Instansi Pemerintah Kabupaten Tanjabtim yang memiliki jumlah Pegawai yang cukup banyak dan bersentuhan langsung dengan masyarakat. ‘’Tujuan diadakannya tes urine ini adalah sebagai upaya pencegahan secara dini terhadap bahaya narkoba,’’ jelasnya.

Sakti menyebutkan, bila nanti ada Pegawai yang ditemukan positif mengonsumsi narkoba, maka pihak BNN dapat melakukan pembinaan dengan melakukan assesment maupun rehabilitasi. ‘’Sehingga nantinya Pegawai ini bisa sembuh dan dapat hidup normal sebagaimana mestinya tanpa ketergantungan narkoba. Kemudian kita juga mengucapkan terima kasih atas peran dan kerja sama dari pihak Kepala OPD terkait kegiatan ini sehingga dapat berjalan dengan baik dan lancar,’’ sebutnya.

Dia menambahkan, bahwa program tes urine nantinya tidak hanya akan dilakukan kepada ASN dan Honorer saja, namun juga dilakukan kepada kepada Pelajar, Mahasiswa dan Karyawan perusahaan serta kalangan lainnya. ‘’Untuk itu diperlukan komitmen bersama dari berbagai pihak seperti pihak Sekolah, Kampus dan Perusahaan dalam membantu pencegahan dan pemberantasan narkoba,’’ harapnya. ‘’Disamping itu, kami juga mengingatkan untuk menerapkan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19 yang telah ditetapkan Pemerintah dengan tetap menjaga jarak, mencuci tangan dan menggunakan masker,’’ tutupnya.


Penulis: BAHARUDDIN
Editor: BENI MURDANI
Sumber: eNewsTimE.co

Tagar:

# MUARASABAK

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement