2021, Tanjabtim Anggarkan Rp. 20 M untuk Penanganan Covid-19



Kamis, 14 Januari 2021 | 21:58:39 WIB



Sapril
Sapril BENI MURDANI/NT

Advertisement


Advertisement

MUARASABAK, eNewsTimE.co - Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), pada tahun 2021 ini menganggarkan sebesar Rp. 20 milyar (M) untuk penanganan Covid-19. Anggaran ini turun jika dibandingkan dengan tahun 2020 lalu sebesar Rp. 37 M. ‘’Jumlah total keseluruhan alokasi anggaran penanganan Covid-19 tahun 2021 sebesar Rp. 20 milyar 420 juta,’’ kata Sekretaris Daerah Tanjabtim, Sapril, kemarin.

Dijelaskannya, alokasi anggaran itu sudah dimasukan pada APBD TA 2021 yang masuk dalam Belanja Tidak Terduga (BTT), yang dipergunakan untuk pengadaan sejumlah alat kesehatan, Bansos hingga vaksinasi. ‘’Penurunan jumlah anggaran di 2021 ini berimbas dari turunnya APBD Kabupaten Tanjabtim,’’ jelasnya.

Menurut Sapril, jika anggaran Rp. 20 M itu masih dapat bertambah dengan disesuaikan dengan perkembangan Covid-19 ditahun 2021. Jika pandemi belum juga mereda, refocusing anggaran besar kemungkinan kembali dilakukan. ‘’Tidak menutup kemungkinan, jika kedepannya anggaran Covid-19 bisa bertambah. Karena tergantung dari perkembangan penyebaran Covid-19 di Tanjabtim kedepannya. Ini sesuai dengan kesepakatan pihak Eksekutif dan Legislatif,’’ ungkapnya.

Sekda berharap, meski anggaran Covid-19 tahun ini mengalami penurunan, namun instansi terkait bisa menggunakannya dengan bijak dan efektif, demi terciptanya masyarakat yang sehat terhindar dari virus yang dapat menyebabkan kematian tersebut. ‘’Kita berharap penanganan Covid-19 di Tanjabtim bisa berjalan dengan lancar, serta di tahun 2021 penularan Covid-19 hilang tidak ada lagi terpapar,’’ harapnya.

Sekda juga menghimbau kepada masyarakat agar tetap mematuhi Protokol Kesehatan, yaitu dengan 3 M : Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak. ‘’Lakukan pola hidup bersih dan sehat. Insya Allah kita tidak terpapar Corona,’’ tandasnya.

 


Penulis: BENI MURDANI
Editor: BENI MURDANI
Sumber: eNewsTimE.co


Advertisement
Advertisement
Advertisement