Patuhi Protokol Kesehatan, Pasien Covid Dalam Perawatan di Tanjabtim Semakin Berkurang



Minggu, 27 Desember 2020 | 14:23:12 WIB



RSUD Nurdin Hamzah Muarasabak
RSUD Nurdin Hamzah Muarasabak BENI MURDANI/NT

Advertisement


Advertisement

MUARASABAK, eNewsTimE.co - Pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 dalam perawatan Rumah Sakit Umum Daerah Nurdin Hamzah (RSUD NH), Muarasabak, Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) semakin hari semakin berkurang. Hingga kini tinggal sekitar 4 orang pasien lagi. Sedangkan yang lainnya sudah dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang. Hal ini tidak terlepas dari kebiasaan baru masyarakat yang selalu mamatuhi Protokol Kesehatan (Prokes) Pencegahan Covid-19. Yaitu dengan 3 M : menjaga jarak, memakai masker serta rajin mencuci tangan dengan sabun.

Direktur RSUD NH Muarasabak, Dr. Nasrul Felani pada beberapa hari lalu mengatakan, bahwa pasien Covid-19 pada November 2020 lalu mencapai 30 orang, ‘’Kini tinggal 4 orang lagi. Kini Pasien itu masih dalam masa perawatan kita,’’ ungkapnya.

Dia menjelaskan, keempat orang pasien tersebut adalah warga Kecamatan Mendahara 3 orang dan warga Kecamatan Nipah Panjang 1 orang, mereka dikarantina di ruang isolasi. ‘’Warga Nipah Panjang itu kontak pasien meninggal waktu lalu yang di Rumah Sakit Abdul Manap Kota Jambi,’’ jelasnya.

Keempat orang pasien tersebut masih dirawat di Rumah Sakit itu karena hasil swab mereka masih positif. Oleh karena itu, mereka akan dilakukan swab lanjutan. ‘’Untuk mengantisipasi pandemi itu di Rumah Sakit, kita selalu lakukan penyemprotan disinpektan, dan selalu tetapkan Protokol Kesehatan bagi pengunjung, pasien dan pegawai,’’ ucapnya. 

Menurut Nasrul, bila Vaksin Covid nanti hadir dan langsung disuntikan kepada masyarakat, kemungkinan penyebaran Covid tersebut agak tertekan karena imun tubuh masyarakat sudah kuat dan stabil. ‘’Kemungkinan setelah Vaksin Covid didistribusikan ke masyarakat, virus ini akan tertekan pertumbuhannya,’’ tandasnya.

Nasrul juga menghibau kepada seluruh masyarakat Bumi Sepucuk Nipah Serumpun Nibung untuk selalu mamatuhi Protokol Kesehatan (Prokes) Pencegahan Covid-19. Yaitu dengan 3 M : menjaga jarak, memakai masker serta rajin mencuci tangan dengan sabun. ‘’Ayo bersama-sama kita terapkan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19 ini,’’ himbaunya.

Salah satu keluarga pasien di RSUD NH Muarasabak, Erni mengatakan, dia sudah terbiasa dengan kebiasaan baru Protokol Kesehatan (Prokes) Pencegahan Covid-19 ini. ‘’Tidak berat, lebih baik kita patuhi 3 M, yaitu menjaga jarak, memakai masker serta rajin mencuci tangan dengan sabun. Ini untuk kesehatan kita semua,’’ ujar Erni.


Penulis: BENI MURDANI
Editor: Muliana Sari
Sumber: eNewsTimE.co

Tagar:

# MUARASABAK

Advertisement
Advertisement
Advertisement