KPU Tanjabtim Maksimalkan Persiapan Debat Kandidat



Minggu, 08 November 2020 | 12:03:16 WIB



Debat Kandidat
Debat Kandidat

Advertisement


Advertisement

Muarasabak,eNewsTime.Co - Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) terus memaksimalkan persiapan pelaksanaan acara debat kandidat pasangan calon ( Paslon ) Bupati dan Wakil Bupati Tanjab Timur bertempat di Swiss Bell Hotel Kota Jambi yang dijadwalkan pada Senin (9/11 ) nanti. 

Nurkholis, S.IP Ketua KPU mengatakan, pihaknya tengah mempersiapkan semua teknis pelaksanaan debat yang akan dilaksanakan Senin (9/11) , termasuk perlengkapan teknis untuk siaran langsung/live streaming melalui youtube, instagram, facebook KPU maupun siaran langsung TVRI. 

" Terkait materi debat, disiapkan oleh tim pakar yang berasal dari Unja, UIN STS Jambi dan Unbari. KPU Tanjab Timur melalui EO juga telah menetapkan moderator saat debat nanti ," Paparnya.

Kholis menyebutkan, debat publik antar Paslon di Pilkada Tanjab Timur ini bertemakan “Mewujudkan Keunggulan Kompetitif Daerah dan Layanan Prima Menuju Masyarakat Tanjung Jabung Timur Yang Sejahtera dan Menyelesaikan Persoalan Pembangunan Daerah Melalui Kearifan Lokal dan Penegakan Hukum Untuk Mewujudkan Tanjung Jabung Timur Yang Harmonis. "Moderator yang memandu debat ini adalah Ahmad Solihin dan Widya Fransiska ," Sebut Kholis. 

Debat publik ini, kata Kholis, merupakan salah satu metode kampanye pada Pilkada serentak 2020. “Sudah diputuskan debat publik rencananya dilaksanakan pada tanggal 9 November. Mengenai tema debat, dirumuskan oleh tim pakar dimana tema dari debat kali ini telah disampaikan dan disepakati oleh tim kampanye dari masing-masing pasangan calon. Aspek pembangunan yang diperdebatkan itu tentunya visi-misi dan program dari masing-masing pasangan calon,” beber Kholis.

Terkait pelaksanaan debat publik ini, Ketua KPU Kholis meminta perhatian para paslon untuk tidak perlu memobilisasi massa ke lokasi debat. “Kami berharap kedua pasangan calon ini dapat saling mendukung untuk kelancaran pelaksanaan debat Pada Senin (9/11).” harap Kholis.

Nurkholis, S.IP meminta masing-masing paslon agar mengingatkan pendukungnya mengikuti debat ini melalui sarana yang sudah disiapkan KPU, yakni siaran TVRI maupun melalui platform media sosial yang ada.

“Kita lakukan hal ini sesuai PKPU No.13 dan Keputusan KPU RI No. 465 Tahun 2020. Para pendukung paslon kita imbau cukup menyaksikan debat ini melalui siaran TVRI atau live di Fb, IG dan youtube, jadi tidak perlu datang ke lokasi debat,” saran Kholis yang menambahkan, dilokasi debat nanti, jumlah orang yang hadir pun sangat terbatas. Ini dilakukan dengan pertimbangan penerapan protokol kesehatan Covid-19.

“Untuk debat pasangan calon kita lakukan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Kita akan batasi jumlah orang yang hadir dalam ruangan,” tandas kholis.

Karena pembatasan jumlah yang hadir itu, lanjut kholis, maka sesuai ketentuan dalam Peraturan KPU (PKPU) dan Keputusan KPU RI, yang boleh hadir dalam ruangan debat yaitu, paslon Bupati-Wakil Bupati, tim kampanye masing-masing paslon sebanyak empat orang, Komisioner KPU Tanjab Timur  (5 orang), Komisioner Bawaslu (2 orang), moderator, dan master of ceremony (MC)", Tutupnya. 

 


Penulis: Akhmad SF
Editor: Muliana Sari
Sumber: eNewsTimE.co

Tagar:

# MUARASABAK

Advertisement
Advertisement
Advertisement