Jembatan Parit 5 Kampung Laut Memprihatinkan



Selasa, 21 Juli 2020 | 18:19:38 WIB



MEMPRIHATINKAN - Kondisi Jembatan Parit 5 Kampung Laut yang memprihatinkan
MEMPRIHATINKAN - Kondisi Jembatan Parit 5 Kampung Laut yang memprihatinkan BAHARUDDIN/NT

Advertisement


Advertisement

KUALAJAMB, eNewsTimE.co - Kondisi Jembatan Parit 5 Kelurahan Kampung Laut, Kecamatan Kuala Jambi, Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) saat ini sangat memperhatinkan. Jembatan yang masih berkonstruksi kayu berlokasi dijalan Batanghari ini terlihat miring, lantai patah. Jembatan ini masih rutin dilalui pejalan kaki dan pengendara roda 2.

Sejumlah masyarakat setempat mengeluhkan kondisi jembatan miring dan bergoyang tersebut.

Namun hingga kini, belum ada tanda-tanda perbaikan oleh pihak Pemerintah Daerah.

Nurdin, beraktivitas sehari-hari sebagai pengantar Air Galon isi ulang. Ia mengatakan, dengan aktivitas sebegai pengantar Galon, otomatis sangat rutin melalui dan melintasi jembatan tersebut. ‘’Hampir tiap saat saya melalui dan melintasi jembatan ini dengan mengendari motor sambil membawa Galon Air isi ulang, jadi saya paham betul dengan kondisi jembatan ini,’’ katanya, (20/7).

Dengan kondisi jembatan seperti ini, sambung Nurdin, Ia memang harus lebih berhati-hati dan waspada lagi saat melintasinya. Takut-takut tongkat jembatan bagian bawanya patah sehingga ambruk. ‘’Saya sangat yakin, dengan kemiringan dan goyangan jembatan tersebut, otomatis akan membuat tongkat tidak akan bisa bertahan lebih lama, walaupun telah ditambahkan tongkat yang baru,’’ ujarnya.

Warga berharap agar pihak Pemerintahan terkait secepatnya mealokasikan dana untuk perbaikan Jembatan ini menjadi jembatan beton. ‘’Kami berharap, kebijakan dan keputusan terdapat pada pemerintah. Syukur-syukur harapan kami ini bisa terlaksana, dan jembatan ini pun bisa dibeton secepatnya,’’ harapnya.

Hal serupa juga dikeluhkan oleh Yahya, Ia sangat mengeluhkan kondisi jembatan yang seperti ini. Ia sangat khwatir dan was-was saat melintas dijembatan tersebut. ‘’Salah-salah sedikit, kita bisa jatuh kebawah,’’ tuturnya.

Dia juga berharap agar jembatan tersebut segera dibangun jembatan yang lebih kokoh atau permanen. ‘’Selain demi keselamatan pengguna jalan, jembatan ini juga merupakan akses prekonomian masyarakat, khususnya masyarakat Kuala Jambi,’’ harapnya.

Terkait masalah ini, Camat Kuala Jambi, Taufiq Kurniawan mengatakan, bahwasanya jembatan kayu yang berada Parit 5 Kelurahan Kampung Laut, Kecamatan Kuala Jambi tersebut, seharusnya tahun ini akan dibangun permanen melalui anggaran APBD Kabupaten. ‘’Akibat terdampak Covid-19, Pembangunan Jembatan tersebut akan ditunda, dan kemungkinan tahun depan baru bisa terlaksana,’’ sebutnya.

Taufiq berharap, Covid-19 ini secepatnya berlalu. Sehingga pembangunan jembatan tersebut bisa segera terlaksana. ‘’Saya berharap agar Covid-19 cepat berlalu, sehingga keinginan pemerintah Kabupaten dan masyarakat dalam membangun jembatan parit 5 yang permanen segera terealisasi dan telaksana secepatnya,’’ harapnya. ‘’Bagi masyarakat pengguna jembatan tersebut, selalu berhati-hati dan waspada ketika melintsasinya. Selalu utamakan keselamatan daripada kepentingan,’’ tukasnya.


Penulis: BAHARUDDIN
Editor: BENI MURDANI
Sumber: eNewsTimE.co

Tagar:

# MUARASABAK

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement