Hotspot Masih Ditemukan di Tanjabtim



Selasa, 15 Oktober 2019 | 10:23:00 WIB



Asap Menyelimuti Areal Perkantoran Bukit Menderang Tanjabtim
Asap Menyelimuti Areal Perkantoran Bukit Menderang Tanjabtim

Advertisement


Advertisement

MUARASABAK,eNewsTimE.co - Puluhan titik api (Hotspot) masih ditemukan  di Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim). Alhasil sebagian Bumi Sepucuk Nipah Serumpun Nibung masih diselimuti kabut asap. 

Kepala BPBD Tanjabtim Jakfar melalui Kabid Pencegahan dan Penangulangan Bencana, Rahmad Hidayat saat dikonfirmasi diruang kerjanya Selasa (15/10) kemarin mengatakan di Tanjabtim ini masih ditemukannya 32 hotspot atau titik api. Namun titik api yang ditemukan pada pukul 19.00 Wib Senin (14/10) hingga Selasa pukul 05.00 wib (15/10) lalu hanya terdapat pada satu hamparan.   " Hotspot saat ini sebanyak 32 titik terdapat di Sungai Cemara Kecamatan Sadu ," paparnya.

Kejadian bencana kebakaran tersebut di Hutan Taman Nasional Berbak (TNB), sehingga pihaknya tidak dapat berbuat banyak. Pasalnya selain anggaran tidak ada,  TNB merupakan tanggung jawab penuh Manggala Akni Daops Berbak.   "Namun kita tetap mengirimkan bantuan bagamanapun caranya ," ujarnya.

Namun bila sudah masuk kawasan Masyarakat, lanjutnya, baru tangung jawab kita BPBD sepenuhnya. "Akantetapi untuk status siaga saat ini sudah berakhir. Andai terjadinya kebakaran hutan dan lahan, meski anggaran untuk itu sudah tidak tersedia lagi, kita akan tetap turun.  Saat ini kita masih terkendala personil dan beberapa sarana dan prasarana ," ucapnya. 

Sementara, sambungnya, asap yang menyelimuti seputaran areal perkantoran Bukit Menderang diduga kiriman dari Kabupaten Muaro Jambi, tepatnya dari Wilayah Kumpe. "Kemungkinan dari Kumpe, kalau dari Sungai Cemara sangat jauh sekali ," cetusnya. 


Penulis: Akhmad SF
Editor: Muliana Sari
Sumber: eNewsTimE.co

Tagar:

# MUARASABAK

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement