Biasanya Mulai Terlihat H-5, Sebut Peternak



Kamis, 10 Mei 2018 | 19:43:47 WIB



Sapi
Sapi

Advertisement


Advertisement

MUARASABAK, eNewsTimE.co - Menjelang Bulan Suci Ramadhan 1439 Hijriyah/2018, permintaan akan ternak belum terlihat. Biasanya pesanan ternak itu baru terlihat menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Hal ini dikatakan oleh salah satu Pedagang ternak Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), Mariono, kemarin.

Menurutnya, kendati permintaan akan ternak menjelang Bulan Suci Ramadhan ini belum banyak, namun pihaknya tetap menyetok persediaan ternak tersebut. ‘’Terkadang, mulai tinginya permintaan itu  terlihat ketika 4 atau 5 hari menjelang Hari Raya Idul Fitri. Saat ini, untuk permintaan kita siap sedia,’’ katanya.

Permintaan ternak untuk persiapan menyambut Hari Raya, lanjutnya, untuk Tanjabtim sendiri biasanya berkisar 10 ton daging. Begitu juga permintaan dari Kabupaten tetangga, hanya dikisaran 10 ekor atau 10 ton daging. ‘’Yang tinggi itu, permintaan dari Kota Jambi, bisa tembus 20 hingga 30 ekor,’’ terangnya.

Sebagian besar permintaan, pedagang daging lebih dominan mimilih ternak sapi, dibandingkan Kerbau maupun Kambing. ‘’Intinya pedagang daging memenuhi permintaan pasar. Kebayakan permintaan Sapi, sedangkan Kerbau dan Kambing kurang,’’ ucapnya.

Sementara untuk saat ini harga jual daging masih stabil, dikisaran Rp. 122.000 hingga Rp. 123.000/Kg. ‘’Namun kenaikan harga jual daging menjelang Hari Raya, faktornya keterbatasan stok daging dari permintaan. Stok kita hingga Hari Raya aman,’’ tutupnya.


Penulis: Akhmad.SF
Editor: Beni Murdani, SE
Sumber: eNewsTimE.co

Tagar:

# MUARASABAK

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement