Walikota AJB Hadiri Rakor Kearsipan Tingkat Provinsi Jambi



Selasa, 20 Maret 2018 | 21:07:57 WIB



Walikota AJB saat menyampaikan kata sambutan dalam Rakor Kearsipan Tingkat Provinsi Jambi di Kota Sungaipenuh
Walikota AJB saat menyampaikan kata sambutan dalam Rakor Kearsipan Tingkat Provinsi Jambi di Kota Sungaipenuh AVERMAN DEKA/NT

Advertisement


Advertisement

SUNGAIPENUH, eNewsTimE.co - Walikota (Wako) Sungaipenuh, H. Asafri Jaya Bakri (AJB) menghadiri acara Rapat Koordinasi Program/Kegiatan Kearsipan Se Provinsi Jambi di Kota Sungai Penuh, Selasa (20/03). 

Acara yang bertempat di Aula Hotel Kerinci tersebut dibuka oleh Gubernur Jambi yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Drs. H M Dianto M.Si.

Turut hadir Sekretaris Utama Arsip Nasional RI, Drs. Sumrahyadi, Mi Ms, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip se  Provinsi Jambi serta tamu undangan lainnya. 

Wako AJB dalam sambutan dan arahannya menyampaikan bahwa arsip tidak hanya dipandang sebagai catatan sejarah melainkan juga bagian yang tak terpisahkan dari manajemen organisasi. 

Kompetensi arsip di Indonesia, lanjut Wako, baru dikembangkan pada tahun 1990, beda dengan di luar negeri yang mempunyai lembaga arsip secara independen. ‘’Seperti Amerika yang mempunyai (National Archives and Records Administration, disingkat NARA) merupakan badan independen pemerintah Amerika Serikat sejak 1 April 1985 dimana pengelola arsip bekerja secara profesional dalam melakukan pengawetan, penyimpanan arsip serta dokumen bersejarah agar dapat diakses masyarakat serta pejabat pemerintah AS,’’ sebutnya.

Maka dari itu, sambung Wako, seluruh komponen bangsa mulai dari unsur birokrasi, organisasi politik, ormas serta masyarakat luas dapat menghargai dan memperhatikan bidang kearsipan yang selama ini dipandang sebelah mata.  ‘’Melalui rakor kearsipan ini semoga dapat menghasilkan sebuah rekomendasi kearsipan ke sistim digital yang lebih cangih lagi,’’ ungkap Walikota dua periode itu. 

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, M Dianto saat membacakan sambutan Gubernur Jambi menyampaikan hal yang sama, bahwa melalui Rakor tahun 2018 ini dapat memperoleh rumusan dan kebijakan strategis dalam program kearsipan. ‘’Saya berharap seluruh peserta dapat benar benar berdidikasi dan tanggungjawab terhadap pengembangan, kemajuan kearsipan didaerahnya masing masing serta menjadi tonggak terbitnya kearsipan yang efektif dan efesien sehingga dapat lebih mudah di akses oleh masyarakat,’’ sebutnya.


Penulis: AVERMAN DEKA
Editor: BENI MURDANI
Sumber: eNewsTimE.co

Tagar:

# SUNGAIPENUH

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement