Wako AJB : Perankan Adat dan Agama dengan Baik, Agar Hidup Lestari dan Harmoni

Hadiri Kenduri Sko Masyarakat Ajun Arah Depati IV Kumun Debai


Minggu, 04 Maret 2018 | 19:42:51 WIB



Walikota Sungaipenuh H. Asafri Jaya Bakri menghadiri acara kenduri SKO Kecamatan Kumun Debai
Walikota Sungaipenuh H. Asafri Jaya Bakri menghadiri acara kenduri SKO Kecamatan Kumun Debai AVERMAN DEKA/NT

Advertisement


Advertisement

SUNGAIPENUH, eNewsTimE.co - Walikota (Wako) Sungaipenuh, H. Asafri Jaya Bakri (AJB) didampingi Ketua TP PKK, Hj Emizola Asafri, menghadiri Kenduri Sko masyarakat ajun arah Depati IV Kumun Debai Batu Gong Tanah Kurnia,  Minggu (4/3).

Kenduri sko yang dipusatkan dilapangan SMPN 6 Kumun itu diawali pemukulan gong kehormatan oleh Wako AJB, dilanjutkan dengan prosesi adat pelantikan calon Depati Ninik mamak wilayah ajun arah depati IV Kumun Debai. Selain itu juga ditampilkan beragam atraksi tarian yang mengundang decak kagum.

Wako AJB yang bergelar Depati Rajo Alam Negeri dalam arahannya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya Kenduri Sko yang menurutnya sangat orisinal dan unik. ‘’Ini disatu sisi menjadi potensi kita sebagai  bagian dari sakti alam Kerinci yang telah ditetapkan sebagai branding pariwisata secara nasional,’’ sebut Wako.

Lebih jauh dikatakan Wako AJB, kenduri sko merupakan cerminan atas kepatuhan terhadap icu pakai dalam negeri. ‘’Kenduri sko juga menjadi perwujudan rasa syukur atas rezeki yang diberikan Tuhan, sekaligus rasa terima kasih kepada nenek moyang yang telah mewariskan harta pusaka berupa sawah, tanah dan nilai nilai luhur,’’ papar wako.

Wako melanjutkan, banyak nilai-nilai yang bisa dipetik dari kenduri sko dalam konteks pembangunan Kota Sungai penuh seperti, kepemimpinan dalam masyarakat, kerjasama sosial dan nilai ekonomi dalam masyarakat yang turut mendorong tumbuhnya enterpreneurship.

Bimbingan ninik mamak, para depati dan alim ulama sangat dibutuhkan para anak batino dalam membangun ekonomi keluarga. ‘’Mari perankan adat dan agama dengan baik. Agar hidup lestari dan harmoni,’’ sebut Wako.

Kenduri Sko masyarakat ajun arah Depati IV Kumun Debai Batu Gong Tanah Kurnia, turut dihadiri Ketua DPRD, Fikar Azami, SH, MH dan sejumlah anggota Dewan, unsur Forkompimda dan jajaran Pemkot Sungaipenuh. Hadir pula tokoh masyarakat Kumun Debai, H. Abdul Murady Darmansjah dan para tokoh masyarakat Kumun Debai lainnya.

 


Penulis: AVERMAN DEKA
Editor: BENI MURDANI
Sumber: eNewsTimE.co

Tagar:

# SUNGAIPENUH

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement