Gubernur Zola Serahkan Bantuan Dana Keuangan dan Excavator untuk Tanjabtim



Selasa, 27 Februari 2018 | 19:37:35 WIB



Gubernur Jambi bersama Bupati Tanjabtim, ketika melihat alat berat excavator bantuan dari Pemprov Jambi
Gubernur Jambi bersama Bupati Tanjabtim, ketika melihat alat berat excavator bantuan dari Pemprov Jambi AKHMAD. SF/NT

Advertisement


Advertisement

MUARASABAK, eNewsTimE.co - Gubernur Jambi, H. Zumi Zola menyerahkan alat berat excavator sekaligus memberikan bantuan keuangan Provinsi Jambi kepada Pemerintah Desa dan Kelurahan di Dua kecamatan dalam Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), pada Selasa (27/2).
 
Kepala Badan Keuangan Provinsi Jambi, Agus Pirngadi,S.Sos dalam kegiatan penyerahan alat berat dan bantuan keuangan Provinsi Jambi kepada Pemerintah Desa dan Kelurahan melaporkan bahwa besaran dana bantuan keuangan kepada Pemerintah Kabupaten atau Kota se Provinsi Jambi sebesar Rp. 156. 780.000.000 dan untuk Kota Jambi sebesar Rp. 8. 580.000.000. Sedangkan Rp 3 Milyar diperuntukan untuk bantuan alat berat dan alat pendukung lainnya. Kemudian bantuan sebesar Rp. 5. 580.000.000, untuk Pemerintah Kelurahan sebanyak 11 Kecamatan terdiri dari 20 Kelurahan dan 73 Desa. 
 
"Untuk wilayah Kecamatan Geragai terdiri dari 1 Kelurahan dan 8 Desa dengan jumlah bantuan sebesar Rp. 540.000.000. Sedangkan untuk wilayah Kecamatan Muarasabak Timur terdiri dari 2 Kelurahan dan 10 Desa, jumlah bantuan keuangan sebesar Rp. 600.000.000," paparnya.
 
Sementara, Bupati Tanjabtim, H. Romi Harianto,Se dalam sambutannya menyampaikan permohonan maafnya. karena penyerahan alat berat itu semestinya diserahkan pada tahun 2017 lalu. Dikarenakan sesuatu hal, sehingga alat berat itu baru dapat diserahkan pada 2018 ini.
 
Bantuan alat berat ini, bagi masyarakat Kabupaten Tanjabtim tidak asing lagi. Karena program strategis ini sudah sangat dirasakan masyarakat di Bumi Sepucuk Nipah Serumpun Timur. Sebab, dulunya banyak lahan-lahan yang tidak produktif dan kini produktif, itu berkat kerja keras Gubernur semasa beliau menjadi Bupati Tanjabtim. "Selaku anak Pak Gubernur, kalau boleh jagan alatnyo bae yang dikasih, duit minyaknyo jugo," tutupnya.
 
Sementara itu, Gubernur Jambi, H. Zumi Zola Zulkifli dalam sambutannya menyampaikan, bantuan alat berat ini adalah program strategis Jambi Tuntas. Untuk Tahun ini, Dua alat berat diberikan untuk Kabupaten Tanjabtim, yakni untuk Kecamatan Geragai dan Muarasabak Timur. "Bantuan alat berat itu nanti jenisnya berbeda, tidak semuanya excavator, itu tergantung kebutuhan Masyarakat Kecamatan. Meski berbeda jenis, namun anggarannya sama," terangnya.
 
Menurutnya, jenis alat ini sesuai kebutuhannya, apalagi untuk lahan kosong silahkan digunakan Kades dan Lurah, disekeliling wilayah masing-masing. "Alat ini tolong dijaga dan dirawat, serta digunakan sesuai kebutuhan masyarakat," imbuhnya.
 
Bila masyarakat hendak menggunakan alat berat itu, masyarakat tersebut dapat dengan secara langsung menghubungi pihak kelurahan dan desa masing-masing. "Program lainnya, memberikan bantuan keuangan kepada Pemerintahan Desa dan Kelurahan," jelasnya.
 
Terpisah, Camat Geragai  Suwandi sangat bersyukur mendapatkan bantuan alat berat tersebut. Semoga dengan dua alat berat yang dimiliki kecamatan, dapat menuntaskan persoalan banjir dan dapat membantu membuka lahan Masyarakat menjadi produktif. "Alhamdulilah, semoga dengan bantuan ini persoalan banjir, irigasi dan lahan tidur masyarakat Kecamatan Geragai dapat teratasi dengan baik," ucapnya.
 
Yang menjadi persoalannya saat ini, bantuan alat berat itu tidak disertai dengan bantuan untuk operasionalnya. Sehingga bila ada kelompok hendak menggunakan alat tersebut harus menyediakan biaya sendiri. "Soal mekanisme meminjam alat berat itu akan kita beritahukan kepada masyarakat," tandasnya.

Penulis: AKHMAD. SF
Editor: MAULANA
Sumber: eNewsTimE.co


Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement